Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita BanjarBanjar Masih Aman dari Virus Corona

Banjar Masih Aman dari Virus Corona

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Menanggapi adanya temuan kasus virus corona yang menyerang warga Kota Depok belum lama ini, Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Banjar, Furkon mengatakan, saat ini untuk Kota Banjar masih dalam kategori aman.

“Sejauh ini belum ada kasus yang diduga corona di Banjar, dan saat ini juga kami selalu siaga,” katanya, saat ditemui sejumlah awak media di ruang kerjanya, Selasa (03/03/2020).

Meski belum ada temuan kasus, lanjut Furqon, namun untuk mengantisipasi bila terjadi wabah tersebut, pihak RSUD Kota Banjar sudah menyediakan ruangan khusus untuk pemeriksaan dini atau pengecekan bagi warga yang terindikasi terjangkit virus corona.

Selain itu, pihaknya juga sudah memberikan instruksi kepada para pegawai dan tenaga medis, untuk mewaspadai ruang yang biasa digunakan lalu lintas pasien dan warga mulai dari pintu masuk, ruang IGD, serta tempat pelayanan rawat inap.

“Sudah kita siapkan ruang isolasi berstandar khusus, disertai alat memadai berikut dua ruang tidur, kita juga siapkan petugas khusus yang menangani,” terangnya.

Meski demikian, kata Furqon, mengingat ruang perawatan yang terbatas karena hanya ada dua kamar, maka ketika terjadi sesuatu di luar dugaan, pihaknya sudah menyiapkan rumah sakit rujukan yang sudah ditunjuk oleh pemerintah di wilayah Jawa Barat.

Beberapa rumah sakit itu diantaranya RS Dr. Selamet Garut, RSHS Bandung, RSU Subang, RSU Indramayu, RSTP Rotinsulu Bandung, RSU Gunung Jati Cirebon, dan RSU Sukabumi.

“Hari ini juga ada rapat semua Direktur RS dengan gubernur untuk pengambilan langkah-langkah pencegahan,” jelas Furqon.

Humas Kepala Bidang Pelayanan RSUD Kota Banjar, Rohendi, menambahkan, untuk kewaspadaan bersama di Kota Banjar, pihak RSUD akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada warga masyarakat untuk tidak panik dan selalu waspada, terlebih saat melakukan aktivitas di tempat umum. “Dengan adanya kasus, kita lebih inten lagi, dan intinya kita sudah ada persiapan. Hindari kontak langsung dan jaga kesehatan,” imbuh Rohendi.

Sementara itu, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, saat acara Lomba Guru Berprestasi dan OGN Kota Banjar, di SMPN 1 Banjar, mengingatkan, kepada warga masyarakat untuk menjaga kesehatan, membiasakan PHBS, dan mewaspadai inveksi virus corona.

“Sekarang sudah ada korban di Jawa Barat. Semua harus hati-hati dan melakukan upaya pencegahan,” tandasnya. (Muhlisin/Koran HR)

- Advertisment -