Bawang Bombay Langka di Pasar Ciamis, Karena Virus Corona?

bawang bombay langka
Bawang Bombay. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Bawang bombay di Pasar Manis Ciamis langka. Bawang yang sebagian pasokannya diimpor dari luar negeri tersebut seolah-olah menghilang dari Pasar Ciamis.

Para pedagang menduga salah satu bumbu masak ini hilang lantaran virus corona yang akhir-akhir ini menyedot perhatian dunia.

Yanti, pedagang sayuran di Blok F Pasar Manis Ciamis, mengatakan, bawang bombay hilang sejak ramai isu wabah virus corona di Cina.

“Dari mulai ramai virus corona di Ciamis, bawang bombay susah didapatkan, kami pun sudah tak menjualnya sejak saat itu,” kata Yanti, Kamis (5/3/2020).

Menurut Yanti, bawang bombay sebagian besar dipasok dari luar negeri untuk kebutuhan masyarakat di Indonesia.

“Kalau menurut bandar kebanyakan bawang bombay datangnya dari luar negeri, aturannya barang dari luar negeri itu harus steril, makanya sejak ada wabah virus corona, jadi sulit didapat,” ungkap Yanti.

Baca Juga: Rame Virus Corona, Harga Temulawak di Ciamis Capai Rp 40 Ribu Perkilogram

Yanti mengaku kesulitan memenuhi permintaan pembeli yang menginginkan bawang bombay, karena itu dia berharap kelangkaan bawang bombay ini tidak sampai berlarut-larut.

“Banyak pelanggan di sini yang nyari bawang bombay, semoga saja persediaannya kembali ada, biar pelanggan saya bisa membelinya kembali,” ucapnya.

Baca Juga: ‘Berkah’ Virus Corona, Pedagang Jamu Keliling di Ciamis Laris Manis

Senada dengan Yanti, Nani salah seorang pembeli bawang bombay, mengaku kesulitan saat membutuhkan bumbu masak tersebut.

“Susah ya, kalau pun ada itu harganya mahal, naik dari biasanya beli,” ungkapnya.

Nani menuturkan dirinya pernah membeli satu suing bawang bombay, namun ukurannya kecil, sementara harganya Rp 10 ribu per suing.

“Itu baru kemarin saya beli harganya sudah sepuluh ribuan per suing, padahal sebelum-sebelumnya nggak susah didapat, stoknya banyak kalau hari-hari biasa,” katanya.

Pada hari-hari biasa, kata Nani, dirinya biasa membeli bawang Bombay ukuran kecil dengan harga Rp 1 ribu. “Mudah-mudahan nggak lama-lama bawang bombay langka, biar harganya bisa normal kembali,” tandasnya. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...