Belasan Warga Kawali Ciamis Keracunan Usai Makan Jamur

Belasan Warga Kawali Ciamis Keracunan Usai Makan Jamur

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com).- Belasan warga Kawali Ciamis keracunan usai makan jamur, Selasa (10/03/2020). Para korban akhirnya dilarikan ke Puskesmas dan sebagian lagi ke RSUD Ciamis.

Perangkat Desa Linggapura, Karsa Sukarsa, ketika ditemui HR Online, Selasa (10/03/2020), membenarkan insiden keracunan masal yang terjadi di wilayahnya.

Karsa menjelaskan, sedikitnya 14 orang warga keracunan usai mengonsumsi jamur. Dari keterangan pihak keluarga, jamur yang mereka konsumsi diambil dari kebun.

“Setelah mengonsumsinya, mereka satu-persatu mengalami mual-mual, pusig dan muntah. Merekapun segera dilarikan ke Puskesmas dan RSUD Ciamis untuk penanganan lebih lanjut,” katanya.

Menurut Karsa, sebetulnya masyarakat Kawali sudah terbiasa mengonsumsi jamur. Sayangnya, kemungkinan jamur yang kali ini mereka konsumsi beracun.

“Tidak ada faktor kesengajaan, sebab semuanya ikut makan dan sama-sama keracunan,” katanya.

Korban yang mengalami keracunan merupakan warga Desa Kawali dan Linggapura Ciamis. Untuk mengetahui secara pasti, sampel jamur akan diperiksa di laboratorium. (Dji/R4/HR-Online)