Berkendara Motor di Tengah Wabah Virus Corona

Berkendara Motor di Tengah Wabah Virus Corona

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Berkendara Motor di Tengah Wabah Virus Corona. Sejauh semakin mewabahnya virus corona yang ada di Indonesia, hendaknya masyarakat bisa melindungi dirinya masing-masing agar kesehatan bisa selalu terjaga.

Apabila terpaksa bepergian dengan menggunakan kendaraan bermotor, hendaknya berbagai tips berkendara motor bisa diterapkan agar terhindar dari wabah virus corona.

Tips Berkendara Motor

Pastikan Tubuh Fit

Tips berkendara motor yang pertama adalah pastikan kondisi tubuh fit. Sebab, bepergian dengan menggunakan sepeda motor, membutuhkan tenaga ekstra, sehingga terlebih dahulu bisa memastikan tubuh dalam kondisi fit.

Apabila berada di jalan, pengendara akan terkena panas dan juga angin yang bisa mempengaruhi kondisi tubuh dan bisa mempengaruhi kesehatan.

Oleh karena itu, sebelum Anda berkendara, pastikan kondisi daya tahan tubuh tetap terjaga. Pastikan juga tidak ada kemungkinan terserang virus yang saat ini membahayakan tersebut.

Itulah kenapa pentingnya menjaga daya tahan tubuh menjadi salah satu tips bekendara bermotor yang bisa diperhatikan.

Menggunakan Masker Selama Berkendara

Tips berkendara motor yang selanjutnya adalah menggunakan masker selama berkendara. Melindungi saluran pernafasan dengan masker saat berkendara, menjadi hal utama yang penting dilakukan di tengah wabah virus corona.

Menggunakan masker saat berkendara, bisa meminimalisir debu yang masuk pada saluran pernafasan.

Apabila berada di kemacetan dan juga di lampu merah, pengendara sepeda motor akan tetap terjaga dengan menggunakan masker.

Dikarenakan pada tempat-tempat tersebut pengendara bermotor akan bertemu dengan pengendara bermotor lainnya yang mungkin Anda sendiri tidak tahu mengenai kesehatan orang di sekitar.

Menggunakan Helm Standar

Tips berkendara motor yang selanjutnya adalah menggunakan helm standar. Menggunakan helm yang sesuai dengan standar nasional Indonesia juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh pengendara sepeda motor.

Helm memiliki fungsi sebagai pengaman pengendara motor ketika sedang berkendara.

Fungsi lain dari helm standar Indonesia yakni adanya kelengkapan kaca pelindung pada helm membuat pengendara akan terjaga dari kemungkinan virus yang masuk dalam tubuh.

Menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap, memberikan rasa nyaman kepada pengendara dalam melakukan perjalanan.

Menggunakan Jaket Tebal

Tips berkendara motor berikutnya yang perlu diperhatikan yakni menggunakan jaket tebal.

Jaket tebal, akan meindungi diri pengendara dari paparan matahari dan angin yang bisa mempengaruhi daya tahan tubuh.

Sehingga akan membuat tubuh akan tetap hangat, meski berkendara dalam kecepatan tinggi.

Kondisi tubuh yang selalu terjaga, membuat pengendara bisa meghindari wabah virus yang sekarang ini melanda Indonesia. Pengendara juga akan lebih nyaman dengan menggunakan perlengkapan yang ada.

Melakukan Bersih-bersih

Setelah melakukan aktifitas di luar ruangan, seperti melakukan perjalanan bagi pengendara motor, hendaknya secepat mungkin melakukan cuci tangan dan membersihkan badan.

Sehingga nantinya virus yang ada di luar tidak bisa masuk ke dalam tubuh.

Bersih-bersih juga sebaiknya tidak dilakukan pada badan Anda saja. Bersihkan juga perlengkapan seperti helm, jaket, dan pakaian setelah digunakan harus dicuci sehingga bisa membersihkan virus dan kuman yang menempel.

Membersihkan sepeda motor juga penting dilakukan, terutama pada bagian yang sering tersentuh oleh tangan.

Itulah tips berkendara motor di tengah pandemi wabah virus corona yang terjadi di Indonesia. (Deni/R4/HR-Online)