Potensi Bisnis Budidaya Ikan Hias yang Sangat Menjanjikan

budidaya ikan hias
Ilustrasi budidaya ikan hias. Foto: Istimewa

Peluang bisnis budidaya ikan hias ternyata menyimpan potensi sangat menjanjikan. Selain pasarnya yang sangat luas, usaha ikan hias membutuhkan keahlian khusus yang tak setiap orang mampu.

Ikan hias termasuk salah satu ikan yang mudah ditemui dan juga memiliki banyak jenis. Habitat dari ikan hias adalah air tawar dan juga air laut. Namun yang lebih mudah dibudidayakan adalah yang ikan hias air tawar.

Sebenarnya tak ada perbedaan mencolok antara ikan hias air tawar dengan air laut. Warna dan bentuknya yang indah menjadikan kedua macam ikan hias ini layak dijadikan pajangan untuk memperindah ruangan sebuah rumah.

Baca juga: Budidaya Ikan Lele, Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Budidaya ikan hias bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan serta mudah dijalankan. Selain tidak membutuhkan lahan yang luas, Anda juga tidak harus memulainya dengan modal besar.

Memelihara ikan hias merupakan hobi yang sangat menyenangkan. Bagi sebagian orang, bermula dari hobi dapat menjadi ladang bisnis untuk menjadikan mata pencaharian sampingan yang dapat menambah pemasukan.

Langkah Budidaya Ikan Hias

Menjalankan usaha atau bisnis ikan hias bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun jika Anda tertarik dan ingin mengetahui tata cara budidaya ikan hias yang menjanjikan, berikut ini beberapa tahapan penting yang wajb Anda diketahui.

Penentuan Lokasi

Untuk membudidayakan ikan hias, Anda tidak memerlukan lahan yang luas dan spesifik. Justru yang lebih dibutuhkan dalam bisnis ikan hias adalah akuarium yang terkontrol suhunya agar tetap terjaga dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan kolam semen atau kolam terpal di pekarangan rumah. Kolam semen harus diendapkan dulu begitupun kolam berterpal harus dijaga suhunya pada kisaran 30 derajat celcius.

Baca juga: Menggiurkan, Budidaya Ikan Koi Janjikan Keuntungan

Tahapan penting budidaya ikan hias adalah menjaga tingkat oksigen pada kolam ikan hias berkisar 3 ppm. Tingkat keasaman air kolam setelah proses pengendapan atau penaburan kapur dijaga pada PH 7.

Pemilihan Jenis Ikan

Jenis ikan hias sangatlah beragam dan banyak yang bisa dipilih untuk dibudidayakan. Setiap jenis ikan memiliki spesifikasi perawatan yang harus diketahui dan dikuasai jika Anda ingin menekuni bisnis ikan hias.

TCL

Anda harus mengenali usia produktif ikan dan waktu tetas telur. Karena setiap jenis ikan hias ada perbedaan. Untuk budidaya ikan hias Anda harus memilih benih ikan yang berkualitas, sehat dan dari keturunan bagus serta subur.

Untuk mengenali mana ikan yang jantan cukup mudah. Anda hanya perlu menekan perut ikan. Jika ditekan yang keluar adalah mani maka itu jenis ikan jantan. Namun jika yang keluar sel telur maka itu jenis betina.

Pemberian Makan

Untuk pemberian pakan ikan bisa dengan makanan alami. Ikan hias umumnya menyukai serangga kecil seperti jentik nyamuk atau plankton. Anda juga memberikan pakan buatan pabrik. Namun berikan pakan yang bergizi lengkap agar perkembangan ikan bisa optimal.

Perawatan Ikan Hias

Tahapan budidaya ikan hias selanjutnya yang penting adalah perawatan. Anda harus membersihan kolam secara teratur untuk menghindari pencemaran air yang bisa menyebabkan kematian ikan. Berikan juga obat untuk mencegah tumbuhnya jamur.

Baca juga: Bisnis Budidaya Pembesaran Ikan Lele di Pangandaran Menjanjikan

Untuk mempercepat proses reproduksi bisa memberikan suntikan pada ikan. Apabila kolam atau akuarium telah dirasa sempit, maka lakukan pemindahan dengan mengelompokkan jenis dan usianya.

Proses Reproduksi

Tahapan budidaya ikan hias yang juga penting adalah mengenali masa reproduksi yang bisa diketahui sepintas dari ciri-ciri pada betina. Bisa berupa ukuran bagian perutnya yang membesar dan ukurannya tubuhnya lebih pendek dari jantan.

Adapun jenis jantan akan terlihat semakin ramping dan lebih panjang. Apabila tanda ini telah terlihat, sebaiknya pindahkan yang jantan dan betina pada kolam yang telah diberikan media untuk bertelur.

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis ikan hias, menguasai tata cara budidaya ikan hias yang benar tentunya sangat penting. Hanya dengan teknik budidaya yang benar, ikan hias bisa menjadi potensi bisnis yang menjanjikan. (R9/HR-Online)

Loading...