Kamis, Mei 19, 2022
BerandaArtikelIngin Membangun Bisnis Event Organizer? Baca Ini Dulu!

Ingin Membangun Bisnis Event Organizer? Baca Ini Dulu!

Bisnis event organizer termasuk jenis usaha yang sangat menguntungkan. Banyaknya aktivitas yang mesti dikelola dalam event organizer membuat usaha ini sangat potensial dijalankan, khususnya di perkotaan.

Seperti namanya, event organizer atau EO merupakan sebuah layanan jasa dalam mengelola dan mengkoordinir sebuah even atau acara. Dari acara pesta ulang tahun, pernikahan, hingga pementasan musik.

Berbeda dengan usaha jasa lainnya yang umumnya lebih fokus pada sebuah layanan, jasa EO relatif cukup kompleks. Selain melibatkan banyak pihak, urusan yang mesti dikerjakan juga sangat beragam.

Sebagai gambaran, jasa wedding organizer yang mengelola sebuah acara pernikahan melibatkan banyak urusan. Dari masalah busana penganten, katering, busana pengiring, gedung resepsi, hingga transportasi.

Selain itu untuk membangun bisnis event organizer atau EO juga dibutuhkan modal yang tidak kecil. Hal ini karena umumnya konsumen yang memesan layanan ini hanya memberikan uang muka sepertiganya.

Namun untuk mempersempit cakupan pekerjaan khususnya untuk Anda yang berminat mengawali usaha ini, Anda bisa memilih even spesifik. Seperti acara ulang tahun anak, anniversary pernikahan, dan sebagainya.

Kunci Sukses Membangun Bisnis Event Organizer

Meraih sukses dalam menjalankan sebuah bisnis tak bisa dicapai dalam sekejap dan dengan mudah. Berikut ini beberapa hal penting yang menjadi kunci sukses jika Anda ingin menjalankan dan membangun bisnis event organizer.

  1. Ide Cemerlang

Ide dalam memulai bisnis EO adalah salah satu kunci yang wajib dimiliki. Wawasan yang luas dalam berbagai bidang sangat diperlukan untuk menjalankan usaha ini agar sukses dan berhasil.

Bayangkan jika ingin bergelut di bisnis event organizer namun wawasannya sangat terbatas tentunya akan banyak kendala dalam menjalankan bisnis EO ini. Anda harus mendalami musik dan mengenal para musisi jika ingin mengelola pementasan musik.

Hal lain yang harus dilakukan agar sukses dalam bisnis mengelola event adalah menggali ide inovatif dan kreatif. Misalnya saja dengan banyak membaca yang merupakan salah satu solusi paling murah meriah yang dapat anda lakukan demi memperkaya ide.

Selain itu Anda juga bisa pergi ke berbagai acara untuk mempelajari sistem kerja event organizer. Anda juga bisa mencoba melamar menjadi pegawai EO dahulu untuk mencari pengalaman.

Ide sendiri sebenarnya bisa diperoleh dari mana saja, tinggal bagaimana menjadikan ide tersebut supaya lebih kreatif dan inovatif.

2. Membangun Tim yang Kuat

Membangun tim adalah suatu keharusan walaupun Anda adalah leader dan owner dari sebuah bisnis event organizer yang Anda bangun. Karena kita tidak bisa bekerja sendiri, terlebih dalam mengelola acara sebagai EO.

Tim yang dibentuk ini bukan hanya yang rajin bekerja, melainkan juga memiliki fisik yang kuat, sehat, kreatif dan komunikatif serta bisa bekerja sama dalam tim. Ini syarat penting agar usaha event organizer yang Anda bangun berhasil.

Selain pekerjaannya yang melelahkan baik fisik maupun mental, menjalankan EO juga harus siap berbicara dan bekerja sama dengan banyak pihak, baik rekan kerja, mitra, maupun khalayak umum.

Bisnis event organizer ini dapat dimulai dari modal kecil. Percaya diri kalau Anda dapat menjalankan usaha ini menjadi modal penting yang tak boleh dilupakan.

Jalankan bisnis EO ini dengan sepenuh hati karena modal tak selalu berupa modal fisik berupa uang atau barang. Namun modal kepercayaan dari relasi, partner kerja, maupun keluarga juga penting. Modal juga bisa terkumpul dengan sistem saham.

Bisnis EO merupakan usaha yang sangat menjanjikan. Agar sukses dalam bisnis ini berbagai poin penting yang harus dipersiapkan, misalnya wawasan dalam berbagai bidang terutama dalam bidang servis dan harga.

Jika pelayanan anda memuaskan dan dengan harga yang cukup terjangkau,  maka bisnis event organizer akan lebih cepat mendapatkan pelanggan dan kepercayaan dari konsumen yang membutuhkannya. (R9/HR Online)

- Advertisment -