Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita PangandaranHujan Disertai Angin, BPBD dan Tagana Pangandaran Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Hujan Disertai Angin, BPBD dan Tagana Pangandaran Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan seiring turunnya hujan yang disertai angin kencang akhir-akhir ini.

Kepala BPBD Pangandaran, Nana Ruhena, mengatakan, intensitas hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini harus diantisipasi oleh masyarakat dengan meningkatkan kewaspadaan. Sebab, bisa saja akibat hujan menyebabkan bencana, seperti longsor, banjir maupun lainnya.

“Untuk rumahnya yang berada di dekat pohon besar seharusnya lebih hati-hati dengan memangkasnya. Intinya kita harus selalu siaga di musim hujan ini,” katanya kepada Koran HR, Selasa (3/3/2020).

Nana menambahkan, untuk wilayah-wilayah yang rawan bencana, seperti di daerah pegunungan selain harus waspada, juga terus menyampaikan keadaan kepada pihaknya bila terjadi bencana.

“BMKG memprediksi tentang potensi hujan deras yang disertai angin kencang harus kita sikapi dengan meningkatkan kewaspadaan sejak dini. Tentu saja ini demi mengantisipasi dari berbagai hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Tagana Pangandaran, Nana Suryana. Pihaknya menyatakan kesiapan untuk membantu warga apabila dibutuhkan ketika ada bencana.

Nana menjelaskan, ia sudah menyampaikan ke semua anggota Tagana yang ada di 10 Kecamatan untuk selalu koordinasi bila terjadi bencana di wilayahnya masing-masing.

“Berbagai instansi yang berkaitan masalah kebencanaan tentunya selalu berkoordinasi dan komunikasi, seperti BPBD, Tagana, Polisi, TNI, Dinsos PMD maupun elemen lainnya. Intinya ini untuk mempermudah pendataan serta penanganan selanjutnya,” kata Nana. (Entang/Koran HR)

- Advertisment -