4 Jenis Buah Pencegah Virus Corona yang Mesti Anda Konsumsi!

4 Jenis Buah Pencegah Virus Corona yang Mesti Anda Konsumsi!
4 jenis buah pencegah virus corona yang mesti anda konsumsi. Foto:Ist/Net

Tahukah kamu apa saja buah pencegah virus corona? Saat ini, Indonesia tengah dilanda kepanikan terkait wabah virus corona atau Covid-19. Penyebaran wabah virus mematikan ini dilaporkan semakin masif, bahkan korban meninggal dunia pun semakin bertambah.

Untuk mencegah anda agar terhindar dari virus corona, selain tidak keluar rumah sesuai anjuran pemerintah, Anda juga harus konsumsi makanan dan buah-buahan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh agar tak mudah terpapar virus corona.

Makanan sehat mesti anda konsumsi agar tetap bugar dan terhindar dari ancaman berbagai virus penyebab penyakit, seperti corona. Buah-buahan adalah salah satu makanan yang wajib anda konsumsi. Lalu apa sajakah buah pencegah virus corona?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kami sampaikan buah-buahan yang dipercaya ampuh menangkal virus corona:

4 Jenis Buah Pencegah Virus Corona

1. Jambu biji

Jambu biji adalah salah satu buah pencegah virus corona. Mengandung banyak vitamin C, konsumsi jambu biji bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rutin konsumsi jambu biji setiap hari akan meminimalisir tubuh terserang berbagai virus penyakit seperti corona.

100 gram jambu biji mengandung sekitar 228,3 miligram vitamin C, itulah sebabnya konsumsi jambu biji secara rutin akan mampu membunuh virus dan bakteri jahat penyebab infeksi.

2. Mangga

Mengandung banyak vitamin A, konsumsi buah mangga bisameningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Buah dari raja buah ini dipercaya ampuh melawan infeksi dalam tubuh. Itulah sebabnya, mangga direkomendasikan menjadi salah satu buah pencegah virus corona.

Buah mangga juga dikenal sebagai buah yang kaya akan minerla, folat, vitamin K, E, dan vitamin B. Konsumsi buah mangga yang kaya akan kandungan nutrisinya, akan membuat tubuh kuat dan tidak mudah terserang infeksi seperti virus corona.

3. Buah Sitrus (Jeruk, Jeruk Nipis dan Lemon)

Buah Sitrus seperti jeruk, jeruk nipis dan lemon juga masuk dalam jenis buah pencegah virus corona. Buah sitrus memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, dan dipercaya ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah-buah sitrus juga kaya akan senyawa antioksidan, antiinflamasi dan antibakteri, sehingga anda yang rutin konsumsi buah sitrus tidak akan mudah terkena flu.

Berbagai jenis buah sitrus juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang bisa berperan dalam melawan berbagai bibit penyakit. Untuk menangkal virus corona, cobalah konsumsi buah-buah sitrus tersebut secara rutin dan berkala, agar tidak bosan.

 4. Semangka

Buah pencegah virus corona yang terakhir adalah semangka. Buah ini mengandung banyak antioksidan yang disebut glutathione. Antioksidan tersebut bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang infeksi penyebab penyakit.

Kandungan likopen daging buah semangka yang berwarna merah tersebut juga dipercaya mampu mengatasi peradangan pada sistem pernapasan, dan mencegah infeksi.

Nah itulah beberapa jenis buah pencegah virus corona yang bisa coba kamu konsumsi. Selain konsumsi buah, kamu juga perlu mengonsumsi jenis makanan sehat lainnya untuk mencegah virus corona.

Makanan saat ini menjadi langkah utama bagi semua orang untuk menangkal virus corona. Memilih makanan sehat dilakukan sebagai upaya meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh agar tidak mudah tertular virus corona.

Makanan Penangkal Virus Corona Lainnya

Dilansir dari berbagai sumber, selain buah pencegah virus corona, berikut kami uraikan beberapa makanan penangkal virus corona:

1. Sayur Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang bisa menangkal virus corona. Penularan covid-19 bisa ditekan dengan rutin konsumsi sayur bayam. Bayam mengandung vitamin A, C, B kompleks, E, dan K, bayam juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh, seperti magnesium, zat besi, kalsium, asam folat, sodium, dan potassium.

Selain itu bayam juga mengandung antioksidan hingga beta karoten yang dipercaya ampuh melawan infeksi pada sistem kekebalan tubuh dan membasmi virus jahat. Inilah sebabnya bayam masuk dalam daftar makanan penangkal virus corona. Selain anda konsumsi buah pencegah virus corona, anda wajib pula konsumsi sayuran sehat semacam bayam.

2. Sayur Brokoli

Makanan penangkal virus corona kedua yakni sayur brokoli. Sama halnya dengan bayam, brokoli juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan seperti vitamin A, C, dan E. Kandungan mineral dan antioksidan dalam brokoli dipercaya ampuh mampu melawan berbagai virus sumber penyakit.

Antioksidan pada brokoli dipercaya ampuh menangkal berbagai radikal bebas yang masuk pada sel atau organ tubuh. Hal ini akan membuat tubuh anda tetap kuat, sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit. Maka dari itu rutinlah konsumsi brokoli, disamping anda rajin makan buah pencegah virus corona.

3. Jahe

Jahe merupakan salah satu makanan penangkal virus corona. Jahe saat ini menjadi rempah-rempah yang paling dicari masyarakat, karena dipercaya ampuh menangkal virus corona. Jahe diketahui merupakan rempah yang bisa mengurangi peradadangan dalam tubuh, mengobati sakit kronis hingga menurunkan kolesterol.

Jahe mengandung curcumin yang dipercaya ampuh menangkal virus corona. Curcumin juga bisa anda temukan pada kunyit atau temulawak. Jahe juga mengandung berbagai senyawa baik salah satunya senyawa beta-karoten dan capsaicin, yang dapat dengan cepat meningkatkan sistem imun atau kekebalan pada tubuh. Kami sarankan selain konsumsi buah pencegah virus corona, anda juga mesti rutin minum ramuan jahe.

4. Bawang Putih

Selain jahe, makanan penangkal virus corona berikutnya adalah bawang putih. Bawang putih yang biasa jadi bumbu dapur ini dipercaya bisa menjaga dan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Sudah sejak lama pula, bawang putih dianggap sebagai bahan alami yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.

Bawang putih diketahui memiliki antibakteri dan antivirus yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Bawang putih juga memiliki antioksidan yang cukup tinggi, seperti potassium, kalsium, seng dan fosfor. Senyawa tersebut bisa memperkuar sistem pernapasan, dan juga mampu menambah jumlah sel darah putih.

Itulah beberapa jenis buah pencegah virus corona dan makanan lainnya yang mesti anda coba. Jangan lupa jaga kebersihan dan lakukan pola hidup bersih dan sehat, agar kamu terhindar dari virus corona. Terimakasih. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...