Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita CiamisDisbudpora Ciamis; Buku Sejarah Galuh Selesai Akhir Tahun

Disbudpora Ciamis; Buku Sejarah Galuh Selesai Akhir Tahun

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com).- Dinas Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis akan mencanangkan penyusunan dan pembuatan Buku Sejarah Galuh. Pasalnya, sampai saat ini pemerintah daerah belum memiliki buku mengenai Sejarah Galuh.

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpora Ciamis, Iing Ahmad Rifai, membenarkan, pada tahun 2020 pemerintah daerah akan mengeluarkan buku khusus mengenai Sejarah Galuh.

Pihaknya memperkirakan, penyusunan dan pembuatan buku tersebut selesai pada Bulan Desember 2020.

“Kami sedang membentuk team khusus untuk membuat Buku tentang Sejarah Galuh. Kami akan mengumpulkan referensi- referensi dari ahli sejarah dan referensi itu akan dibukukan,” katanya.

Menurut Iing, buku mengenai sejarah Galuh memang sudah ada dan bisa dikatakan sangat banyak, tapi pemerintah daerah belum memilikinya. Sehingga, ini menjadi rujukan untuk menginisiasi Buku Sejarah Galuh yang bisa dipertanggungjawabkan. 

“Nanti setelah ada team dan sudah dirangkum satu buku, kami akan sosialisasikan kepada masyarakat. Buku yang sudah jadi, nantinya bisa menjadi konsumsi pengetahuan bagi masyarakat luas,” ucapnya.

Diakui Iing, rencana penyusunan dan pembuatan Buku Sejarah Galuh sebenarnya sudah diwacanakan sejak jauh-jauh hari. Rencana tersebut berkaitan dengan upaya pemerintah dalam melestarikan dan menjaga sejarah Kabupaten Ciamis.

“Proses ini membutuhkan waktu, semoga saja lancar,” pungkasnya. (Fahmi/Koran HR)

- Advertisment -