Cara Memperbaiki Kamera HP Error yang Mudah dan Tepat

Cara Memperbaiki Kamera HP Error
Kamera HP Error. Foto: Ist/Net

Cara memperbaiki kamera HP error penting untuk diketahui. Apalagi bagi anda yang kini tengah memiliki HP dengan kamera yang sedang bermasalah.

Kondisi kamera HP yang bermasalah atau error dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Berbagai faktor penyebabnya pun sangat bermacam-macam.

Baca Juga: Speaker HP Rusak Karena Jatuh, Seperti Inilah Cara Memperbaikinya

Sebab itulah, memperbaiki kamera HP yang sedang bermasalah juga harus memperhatikan faktor pemicu terjadinya kerusakan tersebut. Agar langkah yang kita lakukan sesuai dan juga tepat

Cara Memperbaiki Kamera HP Error

Kamera merupakan salah satu spesifikasi pada HP yang memiliki peranan sangat penting, terutama dalam pengambilan gambar serta video.

Apabila kamera HP anda error, tentunya dapat mengganggu kelancaran dalam penggunaannya. Terdapat berbagai cara untuk memperbaiki kamera HP yang error.

Tentunya cara ini terbilang mudah dan murah. Berikut ini akan kami berikan kepada anda, beberapa cara memperbaiki kamera ponsel yang error.

Restart HP

Cara memperbaiki kamera HP error pertama kali yang dapat anda lakukan adalah dengan merestartnya. Langkah ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan.

Kamera HP yang error dapat disebabkan karena adanya sistem yang tidak stabil. Hal ini menyebabkan berbagai aplikasi seperti kamera tidak dapat berjalan dengan normal seperti biasanya.

Dalam mendeteksi terjadinya kerusakan atau gangguan pada sistem kamera, biasanya akan muncul sebuah peringatan seperti “sayangnya kamera telah berhenti” atau semacamnya. Bisa juga saat anda menghidupkan kamera, tiba-tiba keluar dengan sendirinya.

Jika anda sudah mengalami hal demikian, penanganan awal yang dapat dilakukan adalah dengan segera merestartnya.

Langkah melakukan restart ini juga sangat mudah, cukup dengan menekan dan tahan power di HP anda, pilih menu ulang, dan tunggulah hingga proses restart selesai.

Jika sudah, anda pun dapat kembali membuka kamera HP tersebut untuk memastikan bahwa kamera anda sudah seperti semula dan siap untuk digunakan kembali.

Membersihkan Data

Cara memperbaiki kamera HP error selanjutnya yaitu dengan membersihkan data yang tersimpan di dalam aplikasi kamera. Langkah yang satu ini terbilang cara yang cukup ekstrim untuk dilakukan.

Pasalnya, anda harus merelakan berbagai macam data yang sudah tersimpan dengan baik untuk dihapus seluruhnya. Untuk menghapus semua data yang tersimpan, cukup buka menu Settings.

Pilih App, selanjutnya klik Camera, dan kemudian tap Clear Data. Maka dalam hitungan detik, data akan terhapus.

Jika cara ini terbilang merugikan bagi anda, tak perlu melakukannya untuk memperbaiki kamera HP yang error.

Anda dapat menggunakan cara lain yang lebih aman. Cara ini menjadi alternatif pilihan jika cara sebelumnya tidak berhasil.

Memasang Aplikasi Kamera Alternatif

Masih berbicara mengenai cara memperbaiki kamera HP error. Cara berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memasang dan menggunakan aplikasi kamera alternatif.

Jika HP anda memiliki slot RAM yang masih tersisa dengan cukup, maka tak ada salahnya untuk memasang aplikasi kamera alternatif tersebut. Dengan cara ini, anda juga tidak akan menerima resiko kehilangan data di aplikasi kamera sebelumnya.

Contoh aplikasi kamera alternatif yang dapat dipasang di HP anda seperti Camera 360, Camera FV 5, A Better Camera, DSLR Camera, Camera MX, dan kamera aplikasi alternatif lainnya.

Scanning Antivirus

Beralih ke cara memperbaiki kamera HP error selanjutnya. Melakukan scanning antivirus juga dapat menjadi cara tepat untuk memperbaiki kamera ponsel yang sedang bermasalah atau error.

Terjadinya gangguan pada kamera juga tidak luput dari keberadaan virus. Maka, melakukan penanganan dengan cara tersebut juga menjadi pilihan yang tepat.

Sebenarnya, munculnya virus pada HP jarang sekali terjadi. Meskipun demikian, tidak bisa dianggap sepele.

Virus sendiri mempengaruhi stabilitas sebuah aplikasi, tak terkecuali dengan aplikasi kamera yang saat ini anda gunakan. Ketika stabilitas aplikasi kamera yang terdapat di HP anda terganggu, maka akan mengakibatkan error.

Dengan melakukan scanning menggunakan aplikasi antivirus, maka hal tersebut dapat diatasi dengan segera. Aplikasi antivirus ini dapat anda temukan di Google Play Store.

Terdapat banyak pilihan yang bisa digunakan. Tentunya pilihlah yang sekiranya mendukung dan dapat dioperasikan di HP dengan baik.

Setelah cara memperbaiki kamera HP error dengan scanning virus ini selesai, maka dapat dilakukan dengan langkah lanjutan seperti clear cache kamera. Dengan begitu, kamera anda dapat berfungsi sebagaimana mestinya. (R10/HR-Online)