Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Mudah dan Cepat

cara mengatasi HP Bootloop
HP Bootloop. Foto: Ist/Net

Cara mengatasi HP bootloop sebenarnya sangat mudah dan cepat. Namun anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Bootloop merupakan kondisi perangkat lunak pada HP yang berbasis Android sedang mengalami kerusakan.

Dengan kata lain, OS gagal masuk pada sistem pokok yang menyebabkan layar HP menampilkan satu perintah saja, yakni logo Android atau vendor secara berulang-ulang.

Anda tidak perlu langsung pergi ke counter handphone bila mengalami hal tersebut. Karena ada beberapa cara dalam menangani HP bootloop.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Bootloop

Bootloop merupakan kejadian yang menjengkelkan saat anda asyik memainkan HP. Saat bootloop, perangkat anda akan terus berputar di boot screen. Selain itu, anda juga tidak bisa masuk ke sistem.

Baca Juga: Solusi Layar HP Tergores yang Paling Ampuh dan Mudah Dilakukan

Cara menangani HP bootloop berbeda-beda pada tiap perangkat. Biasanya data dalam perangkat Android akan terhapus saat permasalahan bootloop berakhir.

Kejadian bootloop tidak mungkin datang secara tiba-tiba. Pasti ada penyebab yang mengawalinya.

Bootloop biasanya terjadi saat ada permasalahan pada sistem Android. Sebelum tahu cara mengatasi HP bootloop, ketahui dulu penyebabnya. Berikut ulasannya.

1. Instal Mod

Sesudah anda melakukan install mod pada sistem Android, biasanya bootloop akan terjadi. Hal ini dikarenakan mod yang telah diinstall tidak kompatibel dengan ROM yang anda kenakan.

Mod yang disusun kemungkinan juga tidak baik. Dengan demikian, akan menimbulkan bootloop pada HP.

2. Flashing Custom ROM

Flashing custom ROM baru yang menyebabkan bootloop karena ada dalvik-cache yang belum terhapus. Sehingga sistem baru akan menggunakannya.

Setelah menginstall paket custom ROM yang rusak, biasanya dapat pula menyebabkan bootloop. Penyebab ini perlu dicermati agar memudahkan cara mengatasi HP bootloop.

3. Restore System Backup

Bootloop juga dipengaruhi oleh restore file yang berkaitan dengan sistem. Sehingga dalvik-cache yang belum terhapus secara keseluruhan akan menimbulkan masalah.

4. Pengaturan Permission yang Salah

Apabila anda melakukan kesalahan saat mengatur permission dari sebuah file sistem, maka dapat mengakibatkan bootloop. Karena permission sistem yang benar sangat dibutuhkan oleh Android.

Untuk itu, sebelum memberikan permission pada sebuah file, sebaiknya anda melakukannya dengan cermat.

Tips Ampuh Mengatasi HP Bootloop

Jika anda sudah mengetahui berbagai macam penyebabnya, maka cara mengatasi HP bootloop dapat dilakukan. Penyebab yang jelas akan mempermudah metode penanganannya secara tepat.

Bootloop dibedakan menjadi 2 macam secara garis besar. Pertama Light Bootloop dan yang kedua adalah Hard Bootloop.

1. Light Bootloop

Light Bootloop atau biasa disebut bootloop ringan, cara mengatasinya cukup mudah. Pertama, matikan smartphone anda memakai tombol Power.

Selanjutnya, bukalah casing HP. Kemudian lepaskan baterai, SIM serta kartu memory. Supaya handphone tidak mendapatkan daya listrik, maka diamkan kurang lebih 24 jam.

Pasang kembali baterai, SIM dan kartu memory anda, lalu nyalakan HP. Jika ponsel masih mengalami bootloop, cara lainnya yaitu Hard Bootloop.

2. Hard Bootloop

Cara mengatasi HP bootloop dengan metode Hard Bootloop perlu dilakukan bila kejadian berlangsung secara terus-menerus. Lakukan Wipe Cache Partition dengan mematikan smartphone anda terlebih dahulu.

Kemudian masuk menu Recovery Mode dan pilih Wipe Cache Partition. Lalu anda dapat menekan Yes.

Factory Reset juga merupakan salah satu cara menangani HP bootloop. Cara ampuh ini akan mengembalikan ponsel pada setingan awal seperti bawaan pabrik.

Caranya dengan masuk ke Recovery Mode. Kemudian Wipe Data / Factory Reset, lalu pilih Yes dan Delete All User Data.

Proses berlangsung beberapa saat, tungulah sampai selesai. Bila sudah, maka pilih Reboot System Now dan Selesai.

Bila Wipe Cache Partition dan Factory Reset belum berhasil, maka cara mengatasi HP bootloop dapat dilakukan dengan menginstall Update OS atau Custom ROM.

Flash ulang HP Android ini dapat dilakukan dengan cara menyiapkan USB original dan laptop atau PC untuk flashing. Sesuaikan Stock ROM dengan merk dan tipe smartphone yang anda miliki.

Persiapkan juga flash tool seperti Flash Tools, ODIN, MI Flash dan yang lainnya. Selanjutnya anda tinggal mengikuti langkah pada flash tool yang dipakai.

Recovery Mode merupakan solusi yang ampuh untuk permasalahan bootloop. Masuk Recovery Mode dapat dilakukan dengan menekan secara bersamaan Home + Volume Up + Power.

Namun tiap merk HP mempunyai cara yang berbeda-beda. Tekan tombol secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul menu Recovery Mode.

Cara mengatasi HP bootloop tiap perangkat berbeda-beda. Bila cara Light Bootloop tidak mampu menyelesaikan masalah, anda dapat mencoba beberapa cara dengan Hard Bootloop. (R10/HR-Online)

Aegis Boost Pro