Cara Merawat Touchscreen HP Agar Lebih Awet dan Terlihat Baru

Cara Merawat Touchscreen HP
Ilustrasi Cara Merawat Touchscreen HP. Foto: Istimewa

Cara merawat touchscreen HP merupakan satu kegiatan penting harus diketahui dan dilakukan oleh para pengguna ponsel layar sentuh. Layar adalah salah satu komponen penting dari sebuah HP.

Pusat kegiatan dari ponsel terdapat pada layar. Untuk itu, diperlukan perawatan yang ekstra untuk melindunginya.

Banyak upaya yang harus dilakukan untuk merawat dan melindungi layar dari berbagai kerusakan. Baik itu kerusakan ringan maupun berat, seperti tergores dan jatuh.

Anda bisa mengatasinya dengan menaruh pada tempat yang aman. Misalnya saja, dompet HP, tas dan lain sebagainya.

Cara Merawat Touchscreen HP dengan Mudah

Layar smartphone rawan mengalami berbagai permasalahan karena selalu bersentuhan langsung dengan tangan.

Kemungkinan layar akan terkena noda bekas jari, goresan, kadang sampai respon layar menghilang. Hal tersebut dikarenakan layar terlalu sering mendapat tekanan.

Baca juga: Agar Tidak Cepat ‘Lowbat’, Begini Cara Menghemat Baterai HP

Untuk itu, anda perlu mengetahui cara merawat touchscreen HP. Sekarang ini kebanyakan kebanyakan smartphone menggunakan layar LCD. Selain awet, penggunaannya juga lebih praktis.

Agar bisa mengoperasikannya, pengguna tinggal menyentuh layar. Akan tetapi, perawatan touchscreen tersebut juga perlu diperhatikan agar awet dan selalu terlihat seperti baru. Berikut tips perawatannya.

Gunakan Jari atau Jempol

Menggunakan jari atau jempol saat mengoperasikan HP akan menjaga layar tetap halus dan mencegah layar tergores. Memakai kulit secara langsung untuk menyentuh layar lebih lembut bila dibandingkan dengan alat bantu lainnya.

Para vendor telah merancang layar ponsel untuk direspon dengan sentuhan jari, bukan kuku. Ujung kuku yang runcing berpotensi merusak layar.

Untuk itu, cara merawat touchscreen HP terbaik dengan memotong kuku secara berkala agar layar smartphone bisa terhindar dari goresan.

Selain itu, jangan menekan layar terlalu kencang. Tindakan tersebut dapat merusak panel layar pada smartphone. Sentuh sewajarnya saja, karena layarnya sudah mempunyai kapasitas yang responsif.

Baca juga: Cara Mengatasi Ponsel Terendam Banjir, Ini Solusinya

Bersihkan Layar dengan Kain Lembut

Noda pada layar tidak akan bisa dihindari, karena secara langsung tangan akan bersentuhan dengan ponsel. Anda bisa menggunakan kain lembut untuk membersihkannya.

Anda dapat menggunakan jenis kain microfiber yang sering digunakan untuk membersihkan lensa pada kacamata. Karena kain tersebut sangat lembut.

Cara merawat touchscreen HP dengan kain kasar atau tisu dapat menyebabkan layar tergores bila digunakan untuk mengelapnya.

Bila noda sangat membandel, anda bisa menambahkan sedikit cairan alkohol saat membersihkannya. Tuangkan sedikit gel alkohol pada kain bersih.

Kemudian usapkan pada layar. Bersihkan permukaan tengah, lalu beralih ke tepian. Seperti saat membersihkan lensa kacamata.

Jauhkan dari Paparan Medan Magnet dan Sinar Matahari Langsung

Layar smartphone akan terganggu dengan adanya medan magnet yang kuat seperti yang dihasilkan oleh kulkas dan TV.

Gambar yang akan dihasilkan oleh ponsel lama kelamaan rusak bila terlalu sering terpapar medan magnet yang kuat.

Tanda-tanda gambar rusak kadang jadi bengkok dan tidak presisi. Selain itu, terdapat garis-garis yang sangat mengganggu.

Beberapa vendor telah mengklaim jika layar smartphone mereka nyaman digunakan saat berada di bawah sinar matahari secara langsung. Namun, hal tersebut dapat merusak panel layar.

Paparan sinar matahari yang langsung dan terik akan membuat panel mudah terkelupas dan lunak. Sehingga respon sentuhan pada layar dapat berkurang. Untuk itu, cara merawat touchscreen HP harus menghindari paparan sinar matahari.

Jangan Menyimpan HP di Sembarangan Tempat

Saku celana merupakan tempat favorit bagi kebanyakan orang untuk menyimpan smartphone. Alasannya adalah lebih praktis saat dibawa ke mana-mana.

Baca juga: Penyebab HP Cepat Panas dan Solusi Ampuh Mengatasinya

Namun, hal tersebut dapat merusak layar LCD. Layar bisa tergores dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya lagi. Karena disimpan di tempat yang terlalu ketat atau sempit.

Gunakan Screen Protector

Untuk menghindari goresan secara langsung, cara merawat touchscreen HP dapat memakai screen protector tambahan. Biasanya smartphone yang mahal akan dibekali dengan lapisan Gorilla Glass.

Jadi sayang kalau sampai ponsel yang anda beli dengan harga yang mahal akan terkena noda atau goresan karena dapat mengurangi performa dan keindahan layar.

Jika anda enggan memakai screen protector, maka bisa menggunakan flip cover. Permukaan bodi akan aman dari goresan serta terlindung dari debu.

Perawatan layar ponsel sangat mudah dan praktis untuk dilakukan. Selain itu, cara merawat touchscreen HP yang  benar akan lebih menghemat biaya karena anda tidak perlu mengganti layar dengan yang baru. (R10/HR-Online)

Loading...