Cara Pakai Aplikasi Zoom, Alternatif Meeting Jarak Jauh

cara pakai aplikasi zoom
Aplikasi Zoom. Foto: Ist/Net

Cara pakai aplikasi Zoom untuk meeting sekarang ini menjadi andalan bagi seluruh masyarakat dunia. Salah satu diantarnya adalah Indonesia.

Pasalnya, virus Corona atau Covid-19 menjadi wabah yang mesti dihindari. Seluruh pekerjaan kantor, anak sekolah, mahasiswa dan yang lainnya dilakukan dari rumah.

Baca Juga: Aplikasi untuk Work From Home yang Membantu Pekerjaan

Hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran virus yang mematikan. Jadi, masyarakat melakukan semua aktivitas secara online dengan memanfaatkan Zoom Meeting.

Cara Pakai Aplikasi Zoom di Android

Aplikasi Zoom Meeting dapat anda gunakan untuk melakukan agenda rapat atau conference dimana saja. Aplikasi ini bisa digunakan di Android ataupun PC.

Zoom Meeting merupakan aplikasi yang dikembangkan khusus untuk media rapat online dimanapun anda berada. Fitur-fitur yang disediakan sangat menarik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Anda dapat terhubung dengan 100 orang dengan menggunakan aplikasi ini. Kualitas screen sharing sangat bagus dan lebih menariknya lagi, Aplikasi Zoom Meeting dapat anda gunakan tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.

Lebih dari 10 juta pengguna memakai aplikasi ini sampai sekarang. Cara pakai aplikasi Zoom sangat mudah sehingga siapa saja bisa mengaksesnya.

Bila anda telah memasang Zoom Meeting, selanjutnya bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi tidak memerlukan sig in ataupun sign up.

Buka menurut pesan yang berada di kotak masuk. Kemudian klik link yang telah masuk pada kotak pesan. Link tersebut anda dapatkan dari orang yang telah memberikan undangan untuk bergabung ke forum.

Setelah itu, pilih Open With Zoom dan ketikkan nama anda, lalu tekan OK. Langkah selanjutnya klik Call Via Device Audio. Anda dapat menyesuaikan fitur mana yang akan digunakan.

Untuk dapat melakukan video call, maka klik icon video. Mudah sekali bukan menggunakan aplikasi Zoom untuk smartphone.

Cara Pakai Aplikasi Zoom di PC

Sementara cara memakai aplikasi ini pada PC dengan masuk ke situs https://zoom.us/. Lalu klik Sign Up Free dan daftarkan memakai email atau Facebook.

Anda dapat mengunduh versi permium atau berbayar untuk fitur yang lengkap. Karena pada versi gratis sangat terbatas.

Jika sudah melakukan pendaftaran, cara pakai aplikasi Zoom dengan masuk ke laman utama. Tekan My Profile, kemudian akan ada data Personal Meeting ID.

Untuk dapat memilih pengaturan, klik menu My Meetings. Pakailah link ID yang anda miliki untuk mengundang orang lain agar dapat bergabung di Meeting Rooms.

Teman anda bisa masuk link via web browser Chrome. Sangat mudah bukan caranya, anda bisa langsung memakainya untuk agenda meeting virtual.

Orang yang anda undang dapat mengakses link undangan via Zoom Meetings yang diinstall pada smartphone.

Cara Download dan Install Aplikasi Zoom

Para pengguna Android dapat mengunduh aplikasi Zoom Meetings melalui Google Play Store. Sedangkan untuk para pengguna iOS dapat melalui App Store.

Sementara cara pakai aplikasi Zoom di PC Windows, dapat dilakukan dengan mendownload melalui situs Zoom.us.

Setelah itu, lakukan pengunduhan seperti biasa. Agar lebih cepat saat download menggunakan PC, maka gunakan IDM.

Fitur Aplikasi Zoom Meeting

Aplikasi Zoom Meeting mempunyai banyak fitur yang bisa anda manfaatkan. Diantaranya adalah kualitas layar yang lebih baik, kualitas video tinggi dan dapat dilakukan di perangkat Android dengan berbagi layar secara langsung dan cepat.

Aplikasi memungkinkan anda untuk berbagi alamat situs, Google Drive, foto, Dropbox, file dokumen dan masih banyak lagi.

Cara pakai aplikasi Zoom terbilang sangat mudah. Kemudahan bisa anda dapatkan dengan adanya fitur yang bisa dipakai untuk telepon, mengirim pesan, undangan, email serta company contacts.

Selain itu, juga bisa mengirimkan teks ke grup, gambar dan audio dari ponsel ke perangkat komputer yang anda inginkan.

Kelebihan lainnya adalah terdapat mode mengemudi, adanya jaringan Wifi, 3G dan 4G LTE. Status kontak yang anda miliki dapat terlihat availability dan tidak.

Aplikasi dapat memperlihatkan peserta yang webinar atau interaktif. Tidak kalah menarik lagi, aplikasi dengan mudah dapat terhubung dengan perangkat apapun. Misalnya saja, Android, iOS, Windows, Mac, telepon, sistem ruang H.323/SIP dan ZoomPresence.

Cara pakai aplikasi Zoom sangat mudah, anda bisa memanfaatkannya untuk meeting jarak jauh tanpa harus keluar rumah. Mengingat sekarang ini wabah Corona sedang merajalela dimana-mana. (R10/HR-Online)