Cegah Corona, Puskesmas Banjarsari Ciamis Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Penyemprotan Disinfektan
Penyemprotan disinfektan di Puskesmas Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Untuk mensterilkan ruangan serta kantor, Puskesmas Banjarsari, Kabupaten Ciamis, lakukan penyemprotan disinfektan serta memberlakukan larangan atau menutup jam besuk pasien.

Kepala UPTD Puskesmas Banjarsari, Agus Sudarisman kepada HR Online, Rabu (18/03/2020), mengatakan, penyemprotan disinfektan tersebut bertujuan untuk mensterilkan ruangan Puskesmas dari berbagai virus.

Selain itu, penyemprotan juga dilakukan terutama untuk pencegahan masuknya virus Corona Covid-19 di lingkungan Puskesmas Banjarsari.

“Sejak ditetapkannya siaga terhadap virus Corona, pihak kami sudah langsung sigap untuk melakukan pencegahan terhadap masuknya wabah virus yang membahayakan tersebut,” kata Agus.

Penyemprotan disinfektan dilakukan di setiap ruangan, termasuk tempat pasien dan juga IGD. “Dalam 24 jam kami lakukan penyemprotan selama tiga kali,” katanya.

Selain melakukan usaha ekstra dalam melakukan pencegahan virus Corona dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan, pihak Puskesmas juga saat ini menutup jam besuk pasien.

“Selain pasien, warga saat ini dilarang masuk ke dalam ruangan Puskesmas. Untuk jam besuk pun saat ini kami perketat atau bisa dikatakan ditutup untuk sementara waktu,” ungkapnya.

Pihak Puskesmas hanya mengijinkan satu orang saja keluarga pasien yang bisa menemani, itu pun hanya bisa dilakukan di waktu jam besuk.

“Kami hanya mengijinkan satu orang menemari pasien, itu pun hanya bisa menemani saat jam besuk saja,” katanya.

Agus menambahkan, upaya penyemprotan rencananya juga akan dilakukan di pusat pelayanan kesehatan lainnya di wilayah Kecamatan Banjarsari.

“Tidak menutup kemungkinan kami akan melakukan upaya penyemprotan ke pusat pelayanan kesehatan di wilayah Kecamatan Banjarsari,” pungkasnya. (Suherman/R7/HR-Online)