Cegah Covid-19, Tim Gabungan Cegat Kendaraan yang Masuk Pangandaran

Cegah Covid-19, Tim Gabungan Cegat Kendaraan yang Masuk Pangandaran
Semua kendaraan yang melintas di wilayah Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, disemprot disinfektan oleh tim gabungan, Sabtu (28/3/2020). Foto : Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Tim gabungan yang terdiri dari Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan ormas di Kabupaten Pangandaran, menghentikan semua kendaraan yang masuk ke daerah tersebut. Petugas gabungan menghentikan kendaraan di wilayah Kecamatan Kalipucang, Sabtu (28/3/2020).

Langkah itu merupakan dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19, terutama menjaga penyebaran virus Corona yang dibawa oleh pendatang dari zona merah.

Pantauan HR Online di lapangan, setelah kendaraan dihentikan, tim gabungan tersebut langsung memerikasa semua kendaraan ataupun penumpang.

“Ya kami dari petugas tim gabungan sengaja menghentikan kendaraan, terutama kendaraan yang membawa penumpang dari Jabodetabek atau zona merah,” ucap Kepala Puskesmas Kecamatan Kalipucang, Sugiharto.

Selain dari Jabodetabek, tim gabungan juga memeriksa kendaraan dari Cilacap Jawa Tengah Cilacap. “Semuanya diperiksa, baik itu penumpang maupun kendaraannya kami semprot dengan disinfektan,” tuturnya.

Lebih jauh Sugiharto mengatakan, penumpang bus juga dievakuasi ke puskesmas guna diperiksa kesehatannya.

“Hal tersebut untuk mencegah penyebaran virus Corona, yang saat ini meresahkan lapisan masyarakat luas,” pungkasnya. 

Di tempat terpisah tepatnya di bundaran Pangandaran, tim relawan Tagana Pangandaran bekerjasama dengan IPB Bogor, juga melakukan hal serupa.

Ketua Tagana Pangandaran, Nana Suryana, mengatakan, pihaknya bersama IPB Bogor melakukan penyemprotan semua kendaraan yang melintas.

Kegiatan tersebut tiada lain untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pangandaran.

“Meskipun saat ini di Kabupaten Pangandaran nihil positif Corona, setidaknya berjaga- jaga jangan sampai kecolongan,” tegasnya. 

Rencananya, penyekatan terkait dengan pemutusan mata rantai Covid-19 ini, bakal terus digelar oleh aparat tim gabungan serta Tagana Pangandaran, hingga kondisi kembali normal. (Entang/R5/HR-Online)

Loading...