Cerita Petugas Medis di Ciamis ‘Terjebak’ 4 Jam dalam APD

petugas medis di Ciamis
Dian dan Widia, dua orang petugas medis di Ciamis menggunakan APD lengkap. Foto: Ndu/HR-Online

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebuah ambulan masuk ke Covid-19 Center Ciamis, Minggu (29/3/2020), di dalamnya dua orang petugas medis tampak masih memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

Sambil tetap menjaga jarak, HR Online mendekati mobil ambulan tersebut dan meminta foto. Keduanya lantas mengacungkan jempol dan memberi izin untuk mengambil foto.

Selesai difoto, kedua petugas medis itu turun dari ambulan, petugas lain dari Dinas Kesehatan segera menghampiri sambil membawa semprotan disinfektan.

Dian, perawat yang sekaligus mengemudikan ambulan tersebut lantas berdiri untuk disemprot cairan disinfektan oleh petugas dari Dinkes Ciamis. Dengan hati-hati dia membuka seluruh APD yang dikenakannya.

Sementara rekannya, dr Widia juga melakukan hal yang sama. Setelah disemprot disinfektan, dia mulai membuka APD, namun dia meminta bantuan rekannya untuk melepas APD di tubuhnya.

“Saya tadi abis masang infus, kan di sana tidak ada yang mau juga dan memang nggak boleh kalau tanpa APD,” ujarnya.

Seorang petugas lain mempersiapkan kantong keresek hitam besar, satu persatu APD yang dikenakan Dian dan Widia dimasukkan ke dalam kantong tersebut.

Rupanya mereka berdua pulang dari menjemput PDP (Pasien Dalam Pengawasan) di salah satu kecamatan di Ciamis.  “Ada PDP udah sesek, jadi tadi kita jemput,” kata Widia.

Telapak tangan Widia tampak keriput, kepada HR Online, Widia mengaku telah menghabiskan waktu 4 jam untuk membantu PDP yang dijemputnya.  “4 jam ini pakai APD ini,” katanya.

Ketika ditanya apakah pengap memakai APD selama 4 jam, Widia menjawab diplomatis. “Sudah kewajiban, kondisi sekarang ini seperti ini, sebisa mungkin warga Ciamis lebih baik diam di rumah,” tandasnya.

APD di Ciamis Terbatas

Sementara itu, dr Bayu Yudiawan,  juru bicara Covid-19 Center Ciamis, mengatakan, jumlah APD seperti yang dikenakan Dian dan Widia saat ini sangat terbatas.

“Ada sekitar 70 APD lagi, paling itu cukup untuk sebulan kurang, dua mingguan paling cukupnya,” kata dr Bayu.

Bayu menambahkan, APD bukan hanya untuk RSUD Ciamis, namun juga untuk disalurkan kepada puskesmas-pukesmas di Ciamis.

“Sudah ada bantuan dari provinsi tapi terbatas, ini kami sudah mengajukan pembelian APD, tapi ya masih proses pemesanan,” katanya. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...