Ciri-ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi

Ciri-ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi
Suami yang sedang berselingkuh bisa dilihat dari perubahan perilakunya. Foto:Ist/Net

Ciri-ciri suami selingkuh menurut psikologi. Menikah merupakan sebuah hal yang sakral, dimana dua insan telah berjanji sehidup semati untuk membina rumah tangga. Banyak orang berfikir menikah akan membuat hidupnya lebih sempurna dan mendapat kebahagiaan dari pasangannya.

Namun nyatanya, pernikahan tidak semulus dan semanis yang dibayangkan. Banyak pasangan yang memilih bercerai lantaran berbagai alasan, salah satunya ditenggarai adanya isue perselingkuhan. Kasus ini tak hanya terjadi pada mereka yang usia pernikahannya yang seumur jagung, namun kasus perselingkuhan bisa terjadi pada mereka yang sudah lama berumah tangga.

Menurut penelitian, pria atau suami lebih cenderung atau gampang berselingkuh dari sang istri. Tentu hal tersebut sangat menyebalkan bagi para istri. Lalu bagaimana cara mengetahui ciri-ciri suami selingkuh dilihat dari psikologinya? Berikut akan kami ulas berbagai ciri suami yang tengah selingkuh dilihat dari perilaku dan psikologinya;

Ciri-ciri Suami Selingkuh

Setiap orang tentu mendambakan pasangannya setia sampai akhir hayat. Untuk itu, kamu perlu memastikan suamimu tidak main gila dibelakangmu. Kamu bisa melihat tanda-tanda si suami selingkuh dari psikologinya, seperti berikut ini:

1. Mendadak Mengubah dan Memperhatikan Penampilan

Ciri-ciri suami selingkuh yang pertama yakni suami mendakak merubah gaya dan penampilannya. Penulis Ultimate Betrayal yang juga relationship expert Danine Manette menyebut, apabila sang suami tiba-tiba merubah penampilannya menjadi lebih rapi, merubah gaya pakaian, serta sangat memperhatikan penampilannya, kemungkinan ia sedang ini dilihat lebih menarik oleh wanita lain di luar sana.

Selain mengubah gaya dan penampilan dengan berpakaian rapi, memakai parfum agar terlihat keren, suami yang tengah selingkuh juga bisa saja lebih memperhatikan bentuk tubuh. membentuk tubuh.

2. Perilakunya Berubah Drastis

Ciri-ciri suami selingkuh yang kedua yakni dilihat dari perilakunya yang berubah drastis. Misalnya si suami menjadi lebih mudah marah, gelisah hingga suasana hatinya mudah berubah. Penulis Ultimate Betrayal yang juga relationship expert Danine Manette menyebut, suami akan mudah resah dan kesal karena harus berada di dua posisi sekaligus.

Ketika selingkuhannya meminta lebih banyak waktu untuk bersama, ia akan kebingungan mengambil sebuah keputusan, yang pada akhirnya berujung pada kekesalan hingga menimbulkan pertengkaran. Setelah si suami bertengkar dengan kamu, ia akan lebih mudah pergi dan menemui selingkuhannya.

3. Mulai Menjaga Jarak

Ciri-ciri suami selingkuh ketiga dapat dilihat dari perilakunya yang mulai menjaga jarak dengan kamu. Menjaga jarak dilakukan suami kamu lantaran bingung dengan perasaaan bersalahnya, selain itu, menjaga jarak dilakukan si suami untuk melindungi dirinya agar tidak ketahuan sedang berselingkuh.

Psikolog sekaligus dating coach Jennifer Oikle, Ph.D mengatakan, suami yang tengah memiliki selingkuhan rasa kasih sayangnya akan memudar. Ia akan berhenti mengatakan cinta pada kamu, tidak lagi memeluk kamu hingga tak mau lagi menggenggam tangan kamu di depan umum. Ia akan lebih fokus dengan selingkuhannya tanpa merasa bersalah kepada kamu.

4. Mudah Merasa Bersalah

Ciri-ciri suami selingkuh juga ditunjukan dengan sikapnya yang mudah merasa bersalah. Seorang suami yang merasa bersalah akan lebih perhatian dan menunjukan kasih sayang kepada pasangannya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa bersalahnya dan menutupi perselingkuhan yang tengah ia jalani.

5. Sulit untuk Dihubungi

Tony DeLorenzo relationship expert asal Amerika Serikat, mengatakan, apabila suami kamu tiba-tiba sulit dihubungi,  ponselnya sering mati, ataupun ia pernah menyebut sinyal handphone nya hilang saat di telepon, itu bisa menjadi tanda suami kamu sedang berselingkuh.

6. Feeling Ada Kejanggalan

Jika Anda mempunyai feeling aneh akibat si suami bertingkah tidak seperti biasanya atau aneh, bisa jadi ia memang menyembunyikan sesuatu. Maka jangan abaikan feeling tersebut.  

Tony DeLorenzo relationship expert asal Amerika Serikat menyebut, feeling seorang perempuan merupakan yang terbaik. Ia akan mengetahui bahwa ada keanehan dan sesuatu yang tidak benar. Feeling ini menjadi salah satu cara untuk mengenali ciri-ciri suami selingkuh atau tidak.

7. Kehidupan Seks Berubah

Ciri-ciri suami selingkuh selanjutnya bisa dilihat dari perubahan kehidupan seks. Jika suami cenderung tidak tertarik lagi untuk melakukan hubungan intim, anda perlu waspada. Bisa jadi ia tengah bermain gila dibelakang anda.

8. Menceritakan Wanita Lain

Apabila suami kamu sering bercerita atau menceritakan tentang wanita lain yang belum kamu kenal, apalagi suami kamu menceritakannya dengan sangat antusias, bisa saja wanita tersebut selingkuhan suami kamu.

9. Melakukan Pembelaan Diri yang Berlebihan

Ciri-ciri suami selingkuh yang terakhir yakni selalu melakukan pembelaan diri yang berlebihan. Apabila kamu menanyakan kenapa HP nya sulit dihubungi dalam waktu lama, sang suami akan melakukan pembelaan diri berlebihan bahkan dengan nada yang tinggi yang bisa berujung pada pertengkaran.

Bagaimana Cara Menghadapi Suami Selingkuh Berkali-kali?

Anda mungkin bisa memaafkan suami anda yang selingkuh untuk pertama kalinya, dan berharap ia tidak akan melakukannya lagi. Namun jika suami anda terus mengulanginya berkali-kali, bagaimana cara menghadapinya?

1. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Ketika kamu mengetahui suamimu selingkuh karena melihat dari ciri-ciri suami selingkuh diatas, kamu tidak harus menyalahkan diri sendiri, suami, atau pun pihak ketiga. Hal tersebut tidak akan mengubah apapun, kamu hanya akan membuang energi saja. Jangan pula bertindak seolah-olah kamu adalah korban, karena hal itu akan membuat kamu lebih buruk dan tak berdaya.

2. Jangan Libatkan Anak

Relationship expert asal Amerika Serikat Jane Greer, Ph.D , menyebut, apabila suami kamu selingkuh, usahakan jangan sampai anak anda tahu. Biarkan ini menjadi urusan kamu dan suamimu. Jangan sampai anda melibatkan anak, yang pada akhirnya akan membuat anak memilih kamu atau ayahnya.

3. Jangan Lupa untuk Melakukan Perawatan Diri Sendiri

Konselor dan dating coach asal Amerika Serikat Samantha Burns, mengatakan, saat kamu melihat ciri-ciri suami selingkuh, usahakan agar tetap merawat diri sendiri. Seseorang yang mengalami trauma akibat diselingkuhin, akan membuatnya down dan lupa merawat diri. Kamu harus bangkit kembali dengan cara merawat tubuh.

Anda bisa saja mengabaikan perselingkuhan yang dilakukan suami anda, namun hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah dan akan membuat anda makin rapuh. Cari tahu, kenapa suami anda selingkuh, dengan cara berkonsultasi dengan seorang psikolog.

Konseling ini bisa membantu kamu dan suami agar mengetahui dan memahami tentang mengenai kondisi yang tengah terjadi. Dengan konseling juga, kamu akan bisa berkomunikasi lebih baik dengan pasangan anda, memproses malu atau bersalah dan perasaan lainnya.

Itulah ciri-ciri suami selingkuh menurut para psikolog dan cara menghadapinya. Semoga bermanfaat, terimakasih. (Jujang/R8/HR Online)