spot_imgspot_img
BerandaArtikelCiri RAM Laptop Bermasalah, Sistem Operasi Bekerja Tidak Lancar

Ciri RAM Laptop Bermasalah, Sistem Operasi Bekerja Tidak Lancar

- Advertisement -

Ciri RAM laptop bermasalah harus diketahui sejak dini. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kerusakan RAM tidak semakin parah yang mengakibatkan gangguan pada komponen laptop lainnya.

Selain itu, dengan kondisi RAM yang bermasalah, tentu akan membuat anda mengalami hambatan saat bekerja ketika menggunakan laptop tersebut. Pekerjaan menjadi kacau dan tak dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat waktu.

RAM (Random Access Memory) memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu bertindak sebagai akses memori secara acak terhadap komputer saat mengoperasikan aplikasi. RAM juga memiliki kemampuan yang jauh lebih hebat dibandingkan dengan memori biasa.

Kinerja yang dihasilkan jauh lebih cepat dan mampu melakukan penyimpanan serta membaca data tanpa mengikuti urutan tertentu. Mengingat fungsi dan peran RAM yang penting, jika terjadi kerusakan, maka akan menyebabkan kerugian.

Ciri RAM Laptop Bermasalah

Seperti yang sudah kita tahu bahwa setiap perangkat yang ada di dalam laptop, berdasarkan lamanya waktu dan semakin seringnya digunakan, bukan hal yang tidak mungkin apabila mengalami kerusakan.

Begitu pula pada komponen laptop yang satu ini. RAM juga akan bermasalah dengan berbagai penyebab yang bervariasi. Baik dari faktor pemiliknya sendiri hingga disebabkan karena pengaruh yang lainnya.

Untuk dapat melakukan tindakan dengan segera, berikut ini akan kami sampaikan kepada anda tanda RAM laptop yang bermasalah.

Adanya Blue Screen of Death

Ciri RAM laptop bermasalah pertama kali yang dapat anda lihat adalah munculnya BSoD atau Blue Screen of Death.

RAM laptop yang mengalami permasalahan ini akan memberikan tanda terjadinya pesan eror yang berkaitan dengan memori.

Seperti halnya Memori Could Not Be Written, Memory Could Not Be Read, Memory Access Violation, atau sejenisnya.

Jika terdapat peringatan semacam ini, maka anda harus segera waspada terhadap keadaan RAM laptop yang dimiliki.

Laptop Sering Mati Tiba-Tiba atau Mendadak

Ciri RAM laptop bermasalah lainnya yaitu seringnya mati secara tiba-tiba atau mendadak ketika laptop digunakan. Jika sudah muncul ciri semacam ini, maka anda harus segera mengambil tindakan yang tepat.

Ketika laptop mati secara tiba-tiba disebabkan karena RAM yang bermasalah, maka akan terjadi pemutusan arus listrik secara paksa. Kemudian akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada berbagai komponen laptop yang lainnya.

Dalam mengatasi permasalahan semacam ini, dapat dengan cara memperbaiki RAM atau jika perlu melakukan penggantian RAM yang baru. Sehingga kerusakan tidak semakin parah dan mengakibatkan kerusakan yang lain.

Laptop Menjadi Semakin Terasa Lambat

Masih membahas ciri RAM laptop bermasalah. Selanjutnya, ketika RAM mengalami gangguan, kita dapat merasakan pada performa laptop itu sendiri yang terasa semakin lambat ketika dijalankan.

Permasalahan ini muncul, meskipun kita tidak menjalankan aplikasi dalam ukuran yang besar atau berat sekalipun.

Untuk semakin membuktikan adanya kerusakan pada RAM laptop dengan ciri ini, maka anda dapat melihatnya pada task manager.

Jika kapasitas RAM hanya digunakan setengah dari seluruh bagian, tetapi laptop masih tetap saja terasa lambat, maka ada benarnya jika terjadi masalah pada RAMnya.

Penanganan permasalahan RAM semacam ini cukup mudah dilakukan. Pertama, anda pastikan terlebih dahulu apakah RAM sudah terpasang dengan benar dan sesuai.

Jika sudah terpasang dengan tepat, tetapi masih saja mengalami kendala yang sama, maka langkah selajutnya lakukan penggantian RAM dengan yang baru.

Terdengar Bunyi Beep Saat Laptop Dinyalakan

Kemunculan suara beep saat laptop dinyalakan juga menjadi sebuah ciri RAM laptop bermasalah. Jika dari awal laptop tidak mengalami kerusakan atau gangguan lainnya, maka tidak akan muncul suara beep ini.

Pada dasarnya kemunculan beep tidak serta merta menandakan RAM laptop bermasalah. Hal ini tergantung jenis pembuat BIOSnya.

Adanya suara beep, dapat diartikan juga sebagai kode yang berbeda. Tergantung BIOS yang digunakan. Maka pastikan terlebih dahulu untuk mengenali dan memutuskan suara beep yang dihasilkan oleh laptop anda.

Sistem Operasi Tidak bekerja dengan Lancar

Kondisi RAM pada laptop pastinya juga akan mempengaruhi kinerja sistem operasi lainnya. Kerusakan sistem operasi ini dapat ditunjukkan dengan laptop yang bekerja tidak lancar, tersendat-sendat, bahkan beberapa fitur yang ada tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Itulah diantaranya ciri RAM laptop bermasalah yang dapat anda ketahui. Dengan mengetahui permasalahan-permasalahan RAM semacam ini, anda pun dapat melakukan penanganan dengan segera. (R10/HR-Online)

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -