Citroen Ami, Mobil Listrik Mini dan Unik Cocok Buat ABG

mobil listrik Citroen Ami
Mobil Listrik Citroen Ami. Foto : Citroen

Citroen Ami merupakan mobil bertenaga listrik. Mobil ini memiliki desain yang unik, karena bodinya kecil. Selain itu, mobil Citroen Ami hanya memiliki dua tempat duduk saja.

Citroen yang merupakan pabrikan mobil asal Prancis menghadirkan mobil listrik mini untuk generasi muda di negaranya, yang ingin praktis serta mudah mengendarai di dalam kota.

Sehingga, tidak sedikit remaja yang dengan usia 14 tahun di negara menara Eiffel ini mengendarai mobil elektrik klasifikasi ‘light quadricycle‘.

Bukan hanya di Prancis, di negara yang ada di benua Eropa juga banyak yang menggunakan, terutama remaja berusia 16 tahun.

Bahkan, di negara asalnya, city car bisa dikendari oleh remaja usia 14 tahun tanpa harus memiliki Surat Izin Mengemudi.

Walaupun bertenaga listrik, namun pabrikan otomotif asal Prancis ini enggan menyebut Citroen Ami sebagai mobil listrik.

Citroen mini ini merupakan pesaing dari Renault, yang pernah meluncurkan model yang sama yaitu mobil mungil dan unik dengan nama Twizzy.

Walaupun terbilang unik karena hanya menampung dua orang, namun mobil listrik Ami ini juga memiliki roda empat. Selain itu, tersedia juga atap seperti mobil pada umumnya dan untuk kenyaman penumpang disediakan perangkat audio.

Desain dan Fitur Mobil Mini Citroen Ami

Di negara Eropa, mobil listrik imut ini memang sengaja dirancang sebagai pengganti atau alternatif transportasi umum, motor, sepeda, atau skuter.

Selain mungil atau mini, ternyata city car besutan Citroen juga berdesain atau berbentuk unik serta lucu.

Meski terlihat aneh, akan tetapi sama seperti mobil pada umumnya tersedia juga posisi untuk mengemudi.

Namun jika dilihat dari samping, mobil mini Citroen Ami ini pada bagian belakang dan depan bentuknya hampir sama. Sehingga secara sekilas susah untuk membedakan mana belakang dan depannya, apabila tak melihat warna lampunya.

Kendaraan roda empat yang mungil dengan memakai tenaga listrik ini tetap mengutamakan penumpang, yaitu bisa terisolasi dengan baik.

Untuk fiturnya, dilengkapi pengatur suhu, tempat untuk mengisi smartphone atau sejenisnya, head unit terintegrasi, tersedia juga banyak kantong guna menyimpan barang serta sebuah panoramic roof.

Mobil listrik Citroen Ami. Foto : Citroen

Bukan hanya itu, terdapat pula fitur penghangat kabin, juga atap kaca. Citroen Ami juga mendapatkan sunroof panoramik, menjadikan interior kendaraan ini kelihatan lebih luas karena mempunyai cukup cahaya.

Sementara untuk melacak lokasi pengisian, peringatan servis serta melihat kapasitas baterai, maka pengguna bisa melalui aplikasi yang sudah tersedia.

Dimensi dan Tenaga

Terkait dimensi mobil listrik mungil dan unik ini, untuk panjang berukuran 2.410 mm, kemudian lebar 1.390 mm serta tingginya 1.520 mm. Adapun bobotnya hanya mencapai 485 kg.

Sedangkan kaki-kaki pada Citroen Ami dipasangkan velg dengan diameter roda berukuran 14-inci.

Sementara untuk tenaganya, dengan bermodalkan baterai berkapasitas 5,5 kWh (kilowatt-hour) tipe lithium-ion, Ami mampu berkecepatan maksimal 45 km/jam, dengan tenaga 8 hp.

Dengan kapasitas baterai sebesar itu, maka mobil elektrik ini dalam satu kali mengisi daya bisa mencapai jarak maksimal 70 km. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang dari kosong sampai penuh memerlukan waktu 3 jam.

Jadi kemampuan yang sebesar itu, mobil mini ini memang pas buat berkendara di dalam kota. Dan sangat cocok untuk dikendarai anak muda, serta lebih aman dari motor atau sepeda.

Pabrikan Citroen akan memulai pemesan mobil unik dan mungil ini mulai tanggal 30 Maret 2020 di negara asalnya Perancis.

Sesudah Prancis, direncanakan dalam beberapa bulan mendatang bakal dipasarkan ke negara Eropa lainnya, antara lain Jerman, Portugal, Belgia, Italia serta Spanyol.

Sementara untuk harganya, Citroen Ami dilego dengan harga 6.000 Euro atau sekitar kurang lebih Rp 95,2 jutaan untuk kelas paling rendah. (Adi/R5/HR-Online)