Benarkah Daun Kelor Bisa Mencegah Virus Corona?

Benarkah Daun Kelor Bisa Mencegah Virus Corona.
Daun kelor memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk mencegah virus corona. Foto:Ist/Net

Daun kelor bisa mencegah virus corona. Benarkah konsumsi daun kelor bisa mencegah virus corona masuk pada tubuh? Daun kelor yang biasa ditemukan di kampung-kampung ini memang memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan.

Bahkan belum lama ini, tim peneliti dari Universitas Indonesia (UI) dan IPB  telah menemukan salah satu kandidat antivirus corona berbahan alam asli Indonesia seperti jambu biji, kulit jeruk hingga daun kelor.

Ketiga bahan alam tersebut diketahui mengandung berbagai senyawa yang bagus untuk menangkal virus corona, diantaranya rhamnetin, kaempferol, hesperidin, kuersetin dan myricetin.

Berdasarkan hasil skrining aktivitas ribuan senyawa herbal dan ratusan protein terkait dengan mekanisme kerja virus, didapat beberapa golongan senyawa yang berpotensi menghambat dan mencegah virus SARS-CoV-2 atau virus corona.

Konsumsi daun kelor bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas sehingga tidak mudah terkena serangan virus corona. Lalu apa sajakah manfaat lain daun kelor selain bisa mencegah virus corona?

Manfaat daun kelor juga baik untuk kesehatan tubuh lainnya terutama bagi ibu menyusui. Berbagai kandungan baik dalam daun kelor, dipercaya ampuh mengusir berbagai macam penyakit ganas sekalipun.

Manfaat Daun Kelor Bisa Mencegah Virus Corona

Diketahui daun kelor juga menyimpan sejuta manfaat yang sungguh menakjubkan. Daun kelor diketahui mengandung nutrisi yang sangat beragam dan lengkap. Daun kelor kaya dengan vitamin A, C, B1, B2, B3, dan berbagai mineral penting lainnya. Bahkan kandungan vitamin A dalam daun kelor 4 kali lebih besar ketimbang wortel.

Begitu  juga kandungan vitamin C daun kelor ternyata 7 kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Dibandingkan susu, kandungan kalsium dan protein daun kelor juga lebih banyak dua hingga empat kalinya loh. Malah dibandingkan buah pisang, kandungan potasium daun kelor juga 3 kali lebih besar.

Keunikan dan manfaat daun kelor yang luar biasa juga pernah membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan penanaman besar-besaran pohon ini di kawasan miskin di Afrika untuk dikonsumsi. Hal ini karena daun ini terbukti ampuh sebagai ‘obat alami yang murah’ bagi masyarakat miskin di Afrika dan berbagai negara miskin lainnya. 

Tak kurang dari 300 jenis penyakit bisa diatasi daun bulat kecil ini. Sudah barangtentu, daun kelor bisa mencegah virus corona masuk dalam tubuh.

Manfaat daun kelor jauh lebih besar ketimbang bayam ataupun sayuran hijau lainnya. Mengonsumsi daun kelor akan meningkatkan energi dan daya tahan tubuh, serta memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Daun Kelor untuk Obati Berbagai Penyakit

Daun hijau ini juga efektif mengatasi sejumlah penyakit. Dari penyakit anemia karena kekurangan zat besi, penyakit beri-beri akibat kekurangan vitamin B1, kulit kering dan pecah-pecah karena kurang vitamin B2.

Begitu juga dengan dermatitis akibat kekurangan vitamin B3, osteoporosis karena kurang asupan kalsium, hingga penumpukan lemak pada liver akibat kurangnya Choline.

Hasil penelitiian Anna Technology University India juga menemukan manfaat daun kelor sebagai hepatoprotektor atau pelindung hati. Selain daun kelor bisa mencegah virus corona, daun kelor juga berperan dalam meningkatkan fungsi hati dan ginjal.

Daun kelor juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung karena kemampuannya dalam meningkatkan serum kolesterol alamiah dan mengontrol kadar gula dalam darah.

Daun kelor juga berfungsi sebagai antioksidan, anti inflamasi atau anti-peradangan, melancarkan sistem sirkulasi, mengatasi garis penuaan dini pada wajah, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh.

Kandungan zat anti oksidan daun kelor juga berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan, luka pada usus, maupun luka lambung. Daun kelor juga ampuh dalam menyembuhkan peradangan dan kanker.

Luar biasa bukan? Banyak sekali manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh. Bagi anda ibu menyusui, perlu juga rutin konsumsi daun kelor karena banyak sekali manfaatnya.

Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui

Manfaat daun kelor terbukti mampu memperbanyak produksi ASI dna meningkatkan kualitas ASI. Ini sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Daun kelor berasal dari pohon moringa oleifera dan memiliki banyak kandungan nutrisi baik seperti mineral, vitamin, dan lainnya. Kandungan flavonoid pada daun kelor juga membantu membuat produksi ASI makin berlimpah.

Nah sekarang anda tahu kan, selain daun kelor bisa mencegah virus corona, daun kelor juga banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan obat herbal berbagai penyakit. Rutinlah konsumsi daun kelor, baik dijadikan bahan sayur ataupun dibuat menjadi seduhan teh alami. Selamat mencoba. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...