Dekorasi Kamar Tidur yang Hemat Budget Namun Nyaman

dekorasi kamar tidur
Ilustrasi dekorasi kamar tidur. Foto: istimewa

Melakukan dekorasi kamar tidur merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan saat memiliki rumah baru. Kamar tidur tak hanya penting untuk beristirahat, namun juga bisa menjadi arena privat yang harus nyaman.

Bagi kebanyakan orang kamar adalah tempat paling nyaman yang ada di rumah. Entah itu orang yang sudah berkeluarga, bekerja, ataupun buat orang perantauan yang sedang kuliah di kota lain.

Siapapun tentunya menginginkan suasana ruang tidur yang nyaman dan tenang. Lantas model dekorasi kamar tidur seperti apa yang akan membuat kamar terasa nyaman dan membuat kita betah tanpa perlu keluar banyak uang?

Panduan Gaya Dekorasi Kamar Tidur Hemat Budget

Menata kamar tidur bukanlah hal yang sulit dan tak harus dengan barang mahal. Bahkan dengan anggaran terbatas saja Anda bisa menyulap kamar tidur menjadi ruangan yang nyaman untuk beristirahat, dengan beberapa langkah berikut.

Memasang Wallpaper

Dari pada harus membeli cat yang mahal, dekorasi kamar tidur bisa dengan memasang wallpaper di dinding. Saat ini ada banyak corak, warna dan desain wallpaper yang dijual dengan harga yang semakin murah.

Baca juga: Dekorasi Kamar Kost Murah di Bawah Rp 50 Ribuan

Untuk memasang wallpaper juga cukup mudah. Tanpa perlu menyuruh tukang. Yang penting bersihkan dinding terlebih dahulu agar wallpaper mudah dipasang dan daya tahannya juga lebih awet.

Banyak sekali pilihan wallpaper yang bisa Anda tempelkan pada dinding kamar. Pilih corak, warna, atau bentuk wallpaper disesuaikan dengan konsep dekorasi kamar tidur Anda.

Meletakkan Kasur ke Dinding

Meletakkan tempat tidur di sudut kamar merupakan cara praktis yang banyak dilakukan orang. Posisi ini akan menyediakan space yang bisa digunakan untuk beraktivitas. Sesuaikan posisi tempat tidur dengan bentuk kamar agar nyaman.

Menambahkan Cermin di Dinding

Untuk menyiasati ukuran kamar yang terbatas, Anda bisa meletakkan cermin di dinding kamar. Cermin merupakan elemen dekorasi kamar tidur yang efektif untuk memberikan kesan luas.

Cermin juga berguna agar kamar mendapat efek pencahayaan optimal. Apalagi jika kamar yang Anda miliki berdesain minimalis, sehingga cermin merupakan elemen dekorasi yang sangat fungsional.

Manfaatkan Koleksi Foto Anda

Apabila Anda bosan dengan dekorasi kamar tidur yang biasa saja, koleksi foto yang Anda miliki bisa ditempelkan di dinding sebagai alternatif. Pilih foto-foto yang bernilai dan berharga lalu susun secara kreatif di dinding agar terlihat menarik.

Menghias dinding kamar dengan foto tak selalu harus dengan menggunakan pigura standar. Anda bisa berkreasi sendiri dengan berbagai bahan yang ada. Selain lebih unik, deretan foto di kamar bisa menambah semangat.

Aplikasikan Lampu Hias

Cara dekorasi kamar tidur lainnya adalah dengan menggunakan lampu hias. Ini menjadi salah satu cara seru dan menarik untuk menciptakan suasana bak negeri dongeng di kamar.

Baca juga: Merencanakan Desain Kamar Tidur Anak yang Inspiratif

Apabila Anda termasuk orang yang penuh ide-ide kreatif, lampu hias bisa dikombinasikan dengan unsur atau elemen lain. Diantaranya dengan burung yang dibuat dari kertas origami agar menarik.

Bereksperimen dengan Lilitan Benang

Altenatif lainnya,  Anda bisa mempercantik dekorasi kamar tidur dengan lilitan benang. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan papan atau kayu berbentuk segi empat dan benang warna-warni.

Setelah itu Anda tinggal membuat lilitan benang menjadi bentuk yang Anda inginkan dan letakkan di atas meja. Agar kamar tidur lebih bercahaya, Anda juga bisa meletakkan lampu hias di dalam lilitan benang yang Anda buat.

Nah, itulah sejumlah langkah panduan singkat dekorasi kamar tidur hemat budget yang bisa Anda lakukan. Dengan sedikit kreativitas, Anda juga bisa menyulap kamar menjadi seperti yang Anda inginkan dengan barang yang ada. (R9/HR-Online)

Loading...