Dekorasi Ruang Tamu Modern dengan Konsep Ruang Terbuka yang Lega

dekorasi ruang tamu
Ilustrasi dekorasi ruang tamu. Foto: Istimewa

Dekorasi ruang tamu merupakan hal yang penting agar bisa ditempati dengan nyaman. Apalagi ruangan ini sangat vital karena sebagai tempat menerima tamu. Dengan ruang tamu yang menarik bukan saja akan membuat tamu terkesan, namun juga bisa membuat betah.

Konsep ruang terbuka atau yang juga dikenal dengan sebutan open plan memang kerap diaplikasikan untuk ruang tamu rumah modern minimalis. Selain bisa menyiasatii luasan yang ada, konsep ini juga akan membuat ruangan terasa lega.

Baca juga: Desain Ruang Tamu Minimalis Modern

Pengaplikasian konsep tersebut membuat ruang tamu menyatu dengan beberapa ruang lainnya tanpa penyekat. Hal ini pastinya menjadi ide cemerlang untuk dekorasi ruang tamu di rumah baru Anda.

Namun demikian untuk aplikasi konsep ruang terbuka pada penataan ruang tamu harus lebih cermat dalam memilih dan menata berbagai unsur yang sangat penting. Baik furniture, elemen dekoratif, maupun pemilihan warna cat rumah.

Ide Dekorasi Ruang Tamu Modern Berkonsep Ruang Terbuka

Mendekorasi atau menata ruang tamu harus memperhatikan banyak elemen. Hal ini penting agar bisa selaras dengan dekorasi ruang lainnya. Berikut ini sejumlah ide dekorasi ruang tamu modern berkonsep ruang terbuka yang menarik.

Memilih Sofa dengan Bentuk “L”

Untuk menghasilkan ruang tamu yang menarik, Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih sofa atau tempat duduk yang akan diletakkan di ruangan ini. Pastikan Anda memilih dan menggunakan sofa yang berbentuk “L”.

Baca juga: Ruang Tamu Warna Mustard untuk Ruangan Terang dan Natural

Untuk tempat peletakkannya juga tidak bisa sembarangan. Anda bisa meletakkan sofa tersebut di sudut ruangan, namun jangan di belakang dinding. Susun juga beberapa sofa berukuran kecil dan berbentuk huruf “U” untuk menyempurnakannya.

Ruang tamu modern konsep ruang terbuka. Foto: Istimewa

Pemanfaatan Furniture sebagai Pembatas

Konsep ruang terbuka tidak akan menggunakan penyekat, apalagi ditembok. Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa memanfaatkan furniture yang ada sebagai pembatas antara ruang satu dengan lainnya.

Menata atau merencanakan dekorasi ruang tamu dengan konsep ini akan memisahkan ruang tamu dengan ruang lain. Ini tepat sekali buat Anda yang ingin sedikit privasi pada ruang lain yang langsung terhubung dengan ruang tamu.

Adapun furniture yang bisa dipilih diantaranya lemari, rak display, meja konsol atau rak buku. Namun demikian tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan furniture lain yang dirasa cukup pas untuk dijadikan sebagai pembatas ruangan. 

Memasang Karpet atau Rug

Agar ruang tamu dan ruang lain di rumah Anda memiliki sedikit perbedaan meskipun mengusung konsep ruang terbuka, tidak ada salahnya untuk memasang karpet atau rug.

Namun agar menghasilkan suasana yang harmonis sebaiknya sesuaikan warna serta coraknya dengan elemen dekorasi ruang tamu lainnya, seperti coffee table, sofa, dan lainnya.

Ciptakan Padu Padan Warna Senada

Pada dasarnya konsep dekorasi pada ruang tamu di rumah modern minimalis satu lantai ini merupakan bagian dari dekorasi ruang secara keseluruhan.

Baca juga: Ide Ruang Tamu Etnik yang Elegan dan Sederhana

Untuk itu padu-padan warna yang senada akan menjadikan ruang tamu tampak seimbang dengan ruang lain. Anda bisa memilih warna cat dinding yang netral, memainkan kontras warna lewat warna karpet, rug, sofa, atau gorden.

Lengkapi dengan Beragam Aksesoris Cantik

Terakhir, Anda bisa melengkapi dekorasi ruang tamu Anda dengan beragam aksesoris. Namun sebaiknya jangan meletakkan aksesoris yang berlebihan. Anda hanya perlu memasang artwork dan kolase bingkai foto keluarga.

Untuk memberikan kesan ruang tamu yang lebih lapang, Anda bisa memasang cermin berukuran sedang yang dipasang saling berhadapan. Kaca atau cermin juga bisa karena akan membuat ruangan semakin lega dan nyaman.

Itulah beberapa ide dekorasi ruang tamu modern dengan menggunakan konsep ruang terbuka yang bisa Anda aplikasikan. Dengan sedikit kreativitas ruangan terbatas akan terasa lega dan nyaman. (R9/HR-Online)

Loading...