Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita CiamisDiduga Bawa Kabur Dana Sekitar Rp 30 Juta, Agen BPNT di Ciamis...

Diduga Bawa Kabur Dana Sekitar Rp 30 Juta, Agen BPNT di Ciamis Raib

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Diduga menggelapkan uang, agen penyalur BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) di Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, menghilang. Akibat perbuatannya, bantuan pangan non tunai untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terganggu.

Sumber HR Online yang dapat dipercaya mengatakan, agen penyalur program BPNT di Desa Bangbayang saat ini tidak diketahui keberadaannya setelah membawa uang dari KPM BPNT. Total uang yang dibawa kabur agen tersebut kurang lebih Rp 30 juta.

Uang tersebut tadinya akan digunakan untuk pembayaran pembelanjaan ke pihak supplier, namun sekrang raib. Bantuan pangan non tunai untuk KPM pun tidak terealisasi.

Saepul Uyun, Kasi Pelayanan Desa Bangbayang saat dihubungi HR Online lewat sambungan telepon membenarkan, ada agen penyalur program BPNT di Ciamis yang tidak diketahui keberadaannya.

“Setelah uang   pengadaan beras untuk keluarga penerima manfaat tidak disetorkan, yang bersangkutan membawa satu termin uang dari KPM dengan perkiraan nominal sebesar Rp 28.850.000,” terang Uyun, Jum’at (6/3/2020).

Saepul Uyun menjelaskan, jumlah KPM di Desa Bangbayang ada 330 KPM. Dari jumlah tersebut, setiap KPM baru menerima bantuan telur saja. Untuk sementara agen dipindahtangankan.

Sementara berdasarkan keterangan dari TKSK Kecamatan Cipaku, Erid, agen yang bermasalah sudah  ada penyelesaian. “Pihak agen akan bertanggung jawab membayarnya,” katanya.

Novi Indriani, agen BPNT baru, mengatakan, data terakhir yang diterima diperuntukan bagi 330 KPM. Segala sesuatunya sudah diberikan ke seluruh KPM. “Terkait agen sebelumnya kami tidak tahu apa apa,” singkatnya. (Edji/R7/HR-Online)

- Advertisment -