Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita PangandaranGali Potensi Desa di Pangandaran, Dinsos PMD Gandeng BBPLM dan Kemendes PDT

Gali Potensi Desa di Pangandaran, Dinsos PMD Gandeng BBPLM dan Kemendes PDT

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) melakukan kerjasama dengan BBPLM, Kemendes PDT dalam rangka upaya percepatan pertumbuhan ekonomi desa dengan menggali potensi wilayah masing-masing desa menjadi produk unggulannya.

Kepala Dinsos PMD Pangandaran Wawan Kustaman melalui Sekretaris Dinas Tjomi Suryadi mengatakan, kegiatan dilaksanakan selama 6 hari sejak 24 hingga 29 Februari 2020 lalu.

“Dalam kegiatan tersebut pelatihan yang diberikan sesuai dengan potensi dan kebutuhan masyarakat desa setempat, dan menggali serta memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk menjadi produk unggulan,” kata Tjomi kepada Koran HR, Selasa (3/3/2020).

Tjomi Suryadi menambahkan, untuk saat ini yang diambil dulu untuk percontohan sebanyak 7 Desa yang berada di wilayah Langkaplancar, seperti Desa Bunguraya, Desa Bangunkarya, Desa Bojong, Desa Karangkamiri, Desa Bangunjaya, Desa Bojongkondang, dan Desa Pangkalan.

Dalam kegiatan tersebut, kata Tjomi, peserta yang merupakan perwakilan tiap-tiap desa melakukan kunjungan ke lapangan, seperti ke lokasi pertanian maupun BUMDes. Dari kunjungannya itu kemudian disimpulkan oleh peserta.

“Dari metode ini, kemudian membuat usulan pelatihan yang dibutuhkan oleh kelompok tersebut yang sangat mendasar bagi masyarakat, terutama yang berkaitan teknologi tepat guna,” papar Tjomi Suryadi.

Tjomi berharap, pihaknya akan menindaklanjuti dengan menyusun rencana Peraturan Bupati terkait Desa Kawasan. Sebab, Perda-nya sudah dibuat oleh DPRD, dan berharap Desa itu bisa maju, mandiri, sejahtera dan tidak menghilangkan jati diri desanya.

“Untuk menghasilkan produk unggulan desanya masing-masing perlu adanya inovasi, sehingga terus berkelanjutan menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat desanya,” pungkas Tjomi Suryadi. (Madlani/Koran HR)

- Advertisment -