Disdik Kota Banjar: KBM di Rumah Diperpanjang dan UN Ditiadakan

KBM di Rumah Diperpanjang dan UN Ditiadakan
Seorang anak sedang belajar di rumah. Pemkot Banjar kembali memastikan KBM di rumah diperpanjang untuk menekan rantai penyebaran Covid-19. Foto : Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Pendidikan (Disdik) memastikan, kegiatan belajar mengajar (KBM) di rumah bagi peserta didik dari SD sampai SMP kembali diperpanjang.

“Ya, benar ada perpanjangan kegiatan proses belajar mengajar di rumah,” kata Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, Jawa Barat, Ahmad Yani kepada HR Online, Rabu (25/3/2020).  

Yani menjelaskan, perpanjangan masa belajar dari rumah itu, dari yang semula dijadwalkan hanya sampai tanggal 29 Maret 2020, diperpanjang sampai dengan tanggal 31 Maret mendatang.

“Iya, memang ada sedikit perpanjangan sampai 31 Maret. Namun, untuk info lebih jauh kita tetap lihat situasi dan kebijakan selanjutnya,” jelasnya.

Adapun terkait pelaksanaan ujian nasional (UN) bagi peserta didik di tingkat satuan pendidikan SD/SMP/SMA/Sederajat, kata Yani, mengingat adanya keputusan terbaru dari pemerintah pusat, maka semua UN pun dibatalkan atau ditiadakan.

“Ya dibatalkan, karena situasinya berubah dan sudah ada surat edaran dari Kementerian Pendidikan (Mendikbud),” singkatnya.

Diberitakan HR Online sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, meliburkan aktivitas belajar mengajar para peserta didik di satuan lembaga pendidikan formal, mulai tanggal 16 sampai 29 Maret tahun 2020.

Selain itu, pihak Dinas Pendidikan juga belum memastikan lebih jauh tentang pelaksanaan UN bagi satuan pendidikan SD/SMP di Kota Banjar.

Namun, lanjut Yani, kebijakan tersebut berubah setelah Mendikbud Nadiem Makarim menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020, tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19).

Beberapa poin pokok penting dalam surat edaran tersebut adalah, soal keputusan pembatalan UN Tahun 2020 serta KBM peserta didik.

“Dalam waktu dekat ini juga langsung kami koordinasikan ke pihak sekolah-sekolah. Rencana besok Senin mulai kami informasikan,” pungkasnya. (Muhlisin/R5/HR-Online)

Loading...