Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita CiamisDitengah Corona, Komunitas Duraring Ciamis Tetap “Ngagowes”

Ditengah Corona, Komunitas Duraring Ciamis Tetap “Ngagowes”

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Meski tengah diterpa wabah virus corona, komunitas goweser Duraring, Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tetap asyik bersepeda ria Sabtu (21/3/2020).

Salah satu anggota Duraring, Endang mengatakan, dia bersama 16 anggota Duraring lainnya rutin bersepeda santai seminggu sekali untuk menghilangkan kepenatan.

“Menjalani aktivitas yang sibuk setiap harinya tentu membuat siapa kita butuh waktu untuk beristirahat, namun olahraga juga penting untuk kesehatan dan melawan virus corona,” ujar Endang.

Kata dia, nama komunitas Duraring sendiri merupakan singkatan dari “Sadulur Arulin Miceun Kapusing”, yang dalam istilah Indonesianya yakni sekeluarga bermain untuk menghilangkan kepenatan. Anggota Duraring semuanya masih satu anggota keluarga.

“Goweser yang tergabung dalam komunitas Duraring memiliki hobi yang sama yaitu selain bersepeda santai yakni menikmati kuliner,” katanya.

Menurut Endang, bersepeda santai betul-betul banyak manfaatnya, baik langsung maupun tidak langsung. “Selain tubuh menjadi lebih sehat dan bugar pikiran menjadi fresh,” tandasnya.

Najmudin, goweser Duraring lainnya menambahkan, sepeda gunung pertama kali diperkenalkan di Eropa sekitar  akhir abad 19 kemudian menyebar ke seluruh dunia. Kata dia, bersepeda termasuk olahraga yang murah dan bisa memberikan manfaat, sehingga banyak yang menyukai olharaga ini.

“Kita rutin tiap hari Sabtu ngagowes, rute kali ini pegowes Duraring bersepeda santai  dari Kawali menuju Cisaga, kemudian masuk Rancah dan kembali lagi ke Kawali,” katanya. (Edji/R8/HR Online)

- Advertisment -