DKM Masjid Agung Ciamis Lakukan Pengumpulan Beras untuk Jemaah Dhuafa

DKM Masjid Agung Ciamis berinisiatif melakukan pengumpulan beras. Foto: Fahmi Albartiansyah/HR.
DKM Masjid Agung Ciamis berinisiatif melakukan pengumpulan beras. Foto: Fahmi Albartiansyah/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Banyak upaya yang dilakukan masyarakat Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, untuk bahu-membahu membantu kaum dhuafa di tengah wabah virus corona (Covid-19) yang terjadi saat ini. Untuk itu, DKM Masjid Agung Ciamis berinisiatif melakukan pengumpulan beras.

Ketua DKM Mesjid Agung Ciamis, H. Wawan Arifien, mengatakan, saat ini pemerintah pusat dan daerah mengambil langkah dalam upaya mencegah penyebaran virus corona dengan mengimbau masyarakat untuk diam di rumah atau social distacing.

“Anjuran social distacing harus kita ikuti guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tapi, untuk membantu warga yang diam di rumah, DKM Masjid Agung Ciamis berinisiatif melakukan pengumpulan beras yang nantinya akan dibagikan kepada kaum dhuafa,” katanya, kepada HR Online, Minggu (29/03/2020).

Wawan menyebutkan, rencana pengumpulan beras akan dibuka sampai tanggal 10 April 2020. Sejak dibuka pada hari Selasa lalu, sampai hari ini sudah terkumpul 1 ton lebih beras, dari target 5 ton.

“Setelah beras ini terkumpul, nantinya akan disalurkan kepada jemaah masjid yang termasuk kaum dhuafa melalui DKM yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis,” katanya.

Menurut Wawan, pengumpulan beras ini berdasarkan imbauan dari Bupati Ciamis selaku Ketua Dewan Pembina Mesjid Agung. Sebab, dengan adanya wabah corona ini banyak warga jemaah masjid yang diam di rumah mengikuti imbauan pemerintah.

“Sehingga banyak warga yang tidak usaha dan lainnya, jadi beras ini untuk dibagikan kepada warga, terutama jemaah duafa,” terangnya.

Wawan juga menyebutkan, bahwa beras yang terkumpul saat ini berasal dari pengusaha, instansi pemerintahan, dan donatur pribadi, serta kaum agnia. Kebanyakan bantuan berupa beras. Namun, jika ada yang ingin menyumbang dalam bentuk uang, maka akan langsung dibelikan beras.

Wawan mengucapkan terima kasihnya kepada para dermawan yang telah menyalurkan bantuannya. Sedekah ini bisa menjadi jalan untuk mencegah datangnya musibah, terutama wabah corona.

“Terima kasih kepada para donatur, semoga sedekah ini dapat mencegah datangnya bencana seperti virus corona. Bantuan ini akan disalurkan oleh DKM Masjid Agung ke setiap masjid, untuk selanjutnya diberikan kepada warga yang memang membutuhkan,” pungkas Wawan. (Fahmi/R3/HR-Online)

Loading...