Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita CiamisDKUKMP dan PDAM Tirta Galuh Ciamis Pasang 8 Wastafel di Kawasan Pasar...

DKUKMP dan PDAM Tirta Galuh Ciamis Pasang 8 Wastafel di Kawasan Pasar Pemda

Berita Ciamis (harapanrakyat,com),- Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP), bekerjasama dengan PDAM Tirta Galuh Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memasang wastafel atau tempat cuci tangan di sejumlah titik strategis kawasan Pasar Pemda Ciamis.

Kepala DKUKMP Kabupaten Ciamis, David Firdha, mengatakan, hal itu dilakukan untuk mendorong pola hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat pasar. Pihaknya memasang wastafel berikut dengan menyediakan sabunnya.

“Rencananya kami akan memasang wastafel cuci tangan di semua Pasar Pemda Ciamis. Saat ini memang kami baru pasang 8 wastafel di Pasar Manis Ciamis dan Pasar Kawali,” terangnya, kepada HR Online, Kamis (19/03/2020).

Menurut David, langkah ini diambil untuk mengimplementasikan himbauan dari Bupati Ciamis yang mengajak masyarakat untuk menerapkan PHBS, dalam upaya mencegah Virus Corona (Covid-19).

“Memang sejauh ini Pasar Pemda Ciamis terbilang bersih dikarenakan sudah ada sarana prasarana untuk fasilita umum dan fasilitas sosial,” katanya.

Ia menyebutkan, wastafel yang sekarang dipasang ditempatkan di beberapa titik strategis, sehingga bisa digunakan oleh penjual maupun pembeli di pasar. Diharapkan sebelum masuk pasar untuk berbelanja, masyarakat terlebih dahulu dianjurkan mencuci tangan.

“Jadi setelah masyarakat pulang pergi dari pasar harus bercuci tangan, diharapkan masyarakat bisa menerapkan pola hidup sehat  untuk menghindari berbagai macam penyakit,” jelasnya.

Mengenai Pasar Pemda Ciamis dalam pencegahan Virus Covid-19, lanjut David, sejauh ini masyarkaat masih melakukan aktivitas seperti biasanya, tidak ada gerakan panic buying.

Namun bedanya sekarang pedagang pasar selalu diberikan pemahaman supaya jangan panik, tapi harus waspada, sehingga langkah yang diambil kami berencana akan memasang 82 wastafel cuci tangan.

“Langkah kami bukan hanya pemasangan wastafel, tapi kami juga akan lanjut ke penyebaran pamflet cara pencegahan Virus Covid-19 kepada masyarakat pasar, dan menginformasikan dengan pengeras suara, ini dalam langkah sosialisasi. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati,” paparnya.

Pihaknya pun berpesan kepada masyarakat pasar, setelah adanya fasilitas wastafel kita jaga bersama-sama fasilitasnya untuk dipergunakan sebaik-baiknya. Yang paling penting masyarakat diajurkan untuk melakukan PHBS,” pungkas David. (Fahmi/R3/HR-Online)

- Advertisment -