Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita CiamisCegah Bencana dan Pencemaran, DPRKPLH Ciamis Pastikan Sungai Bebas dari Sampah

Cegah Bencana dan Pencemaran, DPRKPLH Ciamis Pastikan Sungai Bebas dari Sampah

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com).- Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis rutin melakukan pengawasan atau pemantauan terhadap sungai-sungai yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis.

Pengawasan atau pemantauan terhadap sungai-sungai tersebut merupakan bagian upaya untuk mencegah pencemaran sampah.

Kepala DPRKPLH Ciamis, Dr. H. Taufik Gumelar, ST.,MM., ketika ditemui Koran HR, Senin  (09/03/2020), menegaskan, pemantauan ini dilakukan untuk memastikan sungai di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis bebas dari sampah.

“Kami sangat konsen dari masalah sampah ini. Soalnya sungai memiliki fungsi untuk aliran air bukan tempat buang sampah,” tandasnya.

Saat ini, diakui Taufik, tingkat kesadaran masyarakat membuang sampah ke tempatnya masih lemah. Dengan kata lain, masih ada sebagian masyarakat yang membuang sampah sembarangan, salah satunya ke sungai.

“Kami imbau masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai, karena bisa mengakibatkan banjir dan bisa mendangkalkan sungai,” katanya.

Taufik mengungkapkan, pihaknya saat ini sudah menggalakan setiap desa memiliki Bank Sampah. Upaya tersebut salah satunya untuk mengurangi sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA).

“Belum semua desa, tapi sudah beberapa desa memiliki Bank Sampah. Sebetulnya sampah memiliki nilai jual. Dan bahkan Bank Sampah yang beroperasi sudah punya perputaran uang hasil dari sampah,” paparnya.

Menurut Taufik, pihaknya butuh kerjasama dari masyarakat atau komunitas lingkungan untuk meningkatkan kesadaran dalam membuang sampah yang sudah terpilah pada tempatnya.

“Kami sangat berterimakasih kepada masyarakat dan komunitas lingkungan yang sudah peduli terhadap sampah. Mudah-mudahan, apabila kita jaga alam, insyaallah alam akan mejaga kita,” ucapnya. (Fahmi/Koran HR)

- Advertisment -