Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita CiamisDua Rumah di Kawali Ciamis Retak-retak Akibat Pergerakan Tanah

Dua Rumah di Kawali Ciamis Retak-retak Akibat Pergerakan Tanah

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Pergerakan tanah yang terjadi pada hari Kamis (05/03/2020), mengakibatkan dinding rumah warga di Lingkungan RT. 22/10, Dusun Sukamaju, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, retak.

Pjs. Kepala Desa Talagasari, Hj. Ijah Hodijah, mengatakan, akibat hujan deras yang terjadi pada hari Kamis kemarin, pemukiman warga di Dusun Sukamaju mengalami pergerakan tanah. Dua unit rumah milik warga mengalami kerusakan di bagian dinding.

“Tanah di lokasi tersebut memang terbilang labil, sehingga bila hujan terjadi dikhawatirkan ada pergerakan tanah susulan. Akibat pergerakan tanah tersebut, selain menimbulkan retakan pada dua unit rumah warga, yaitu rumah Edoy dan Erat, juga mengancam dua rumah lainnya,” terangnya, kepada HR Online, Jum’at (06/03/2020).

Pihaknya pun berharap tidak ada lagi pergerakan tanah di wilayahnya. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diharapkan, kata Ijah, pemerintah desa mengimbau agar warga selalu waspada, terlebih jika turun hujan.

Sementara itu, Edoy, korban pergerakan tanah, saat ditemui HR Online di kediamannya, mengatakan, pergerakan tanah yang terjadi pada hari Kamis kemarin mengakibatkan dinding sekeliling rumahnya mengalami reta-retak.

“Sebagian kaca rumah pecah dan lantai juga rusak. Adanya pergerakan tanah ini merupakan yang kedua kalinya. Dulu tahun 1994 juga sempat terjadi. Khawatir ada pergerakan tanah susulan, maka tiap malam saya numpang tidur di rumah anak,” ungkap Edoy. (Dji/R3/HR-Online)

- Advertisment -