Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita CiamisDugaan Penyelewengan Dana BUMDes, Ini Penjelasan Mantan Kades Ciparay Ciamis

Dugaan Penyelewengan Dana BUMDes, Ini Penjelasan Mantan Kades Ciparay Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Terkait dengan adanya dugaan penyelewengan anggaran BUMDes Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Usep Hidayat, mantan Kepala Desa Ciparay yang kini ikut dalam kompetisi Pilkades Serentak 2020, mengaku heran dengan adanya temuan Inspektorat Kabupaten Ciamis yang memberatkan bagi dirinya.

Hal itu dikatakan Usep Hidayat, kepada HR Online, saat ditemui di rumahnya, Rabu (11/03/2020), untuk mengofirmasi permasalahan tersebut yang menyakut dirinya.

Usep pun mengakui bahwa memang dirinya pernah menggunakan anggaran BUMDes sebesar Rp 10 juta. Namun bukan untuk keperluan pribadi, melainkan untuk kebutuhan mendesak desa, seperti saat adanya peresmian Jembatan Ciparay dan lainnya.

Baca Berita Terkait: Warga Pertanyakan Dugaan Penyelewengan Anggaran BUMDes Ciparay Ciamis

“Tapi kemarin saya sudah melakukan penggantian, 5 juta rupiah langsung ke pengurus BUMDes, dan 5 juta rupiah lagi melalui Pak Harun sebagai Pjs. Kepala Desa Ciparay yang sekarang,” katanya.

Menurut Usep, semestinya yang menjadi temuan Inspektorat itu adalah uang yang Rp 23 juta yang diduga hilang, atau dipakai oleh pengurus BUMDes. Karena, dari awal berdirinya BUMDes Ciparay, dirinya selaku komisaris tidak pernah memberikan instruksi terkait pembayaran honor dari modal.

“Dulu kan kami sepakat jika upah atau honor untuk pengurus BUMDes itu diambil dari bagi hasil keuntungan. Jadi jelas saya sebagai Komisaris BUMDes merasa keberatan jika uang yang 23 juta rupiah itu oleh Inspektorat dianggap tidak bermasalah, karena untuk membayar upah atau honor pengurus BUMDes di situ kan jelas AD ART-nya,” tandas Usep. (Suherman/R3/HR-Online)

- Advertisment -