Selasa, Mei 24, 2022
BerandaArtikelEfek Makan Kuaci Terlalu Banyak

Efek Makan Kuaci Terlalu Banyak

Efek makan kuaci terlalu banyak dapat mempengaruhi terhadap kesehatan tubuh. Efek makan kuaci, selain ketagihan serta menyita uang saku, ternyata menyebabkan penyakit serius.

Jika melihat lingkungan sekitar kita, masih banyak orang yang abai terhadap bahaya mengkonsumsi kuaci terlalu banyak.

Kuaci yang lezat dan nikmat bikin favorit banyak orang, diproses bermula dari biji-bijian, entah itu dari biji semangka dan juga biji labu, atau yang lebih populer dari biji bunga matahari.

Kemudian biji-biji tersebut dikeringkan, lalu agar terasa gurih dan enak di lidah, kuaci tersebut diberikan garam.

Efek Makan Kuaci Terlalu Banyak

Namun penyebab mengkonsumsi kuaci secara berlebihan, akan menyebabkan penyakit diantaranya sebagai berikut:

Menyebabkan Kelebihan Vitamin B6

Kuaci yang berasal dari biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin B6, yang sebenarnya memang diperlukan oleh tubuh manusia.

Akan tetapi, karena kuaci harganya terjangkau oleh masyarakat, para penikmat kuaci selalu mengkonsumsi dalam jumlah banyak.

Sayangnya banyak orang yang belum mengetahui bahwa efek makan kuaci terlalu banyakdapat menyebabkan kelebihan vitamin B6 pada tubuh.

Akibatnya sering mati rasa, sering kesemutan, sesak nafas, tubuh cepat lelah, saraf rusak, perubahan psikis, sakit kepala, alergi pada kulit, otot tegang-tegang, dll.

Menyebabkan Gigi Rusak

Seperti yang kita ketahui, kuaci merupakan makanan yang memerlukan usaha untuk membuka kulitnya. Membuka kulit kuaci, kebanyakan orang dengan cara digigit.

Namun jika berlebihan gigi dipakai untuk membuka kulit kuaci, perlu waspada, efek makan kuaci terlalu banyak akan menyebabkan gigi rusak.

Menyebabkan Berat Badan Naik

Semua penggemar kuaci setuju, jika sudah memakan kuaci, mereka sulit untuk berhenti memakannya. Namun mengkonsumsi kuaci berlebihan, akan menyebabkan berat badan naik.

Dalam satu cangkir kuaci biji bunga matahari, terdapat kandungan sekitar 800 kalori. Hal tersebut yang membuat berat badan naik.

Yang dikhawatirkan, efek makan kuaci terlalu banyak apalagi jika sampai overdosis, para penggemar kuaci akan mengalami berat badan melonjak naik.

Menyebabkan Hipertensi

Dibalik rasanya yang gurih, ternyata kuaci telah diproses dengan penambahan garam. Namun, banyak orang yang belum mengetahui, bahwa efek makan kuaci terlalu banyak akan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Bagi orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, disarankan agar mengkonsumsi kuaci dengan sewajarnya saja, karena kandungan garam yang tersimpan dalam kuaci, akan membuat tekanan darah bertambah.

Menyebabkan Gangguan Usus

Siapa yang dapat menyangkal bahwa memakan kuaci merupakan aktivitas yang asyik. Apalagi, memakan kuaci ditemani oleh teman-teman, pastinya bakal ketagihan.

Dengan ukuran biji kuaci yang kecil, terkadang banyak orang yang memakan tanpa dikunyah terlebih dahulu.

Jika kuaci langsung ditelan tanpa dikunyah secara halus, efek makan kuaci terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya kesehatan pada usus.

Menyebabkan Gangguan Kehamilan

Bagi sebagian ibu hamil, apalagi hamilnya sudah besar dan susah untuk beraktivitas berlebihan, kuaci merupakan cemilan pengganti makanan pokok yang dapat dinikmati di waktu santai.

Namun, ibu hamil pun harus memakan kuaci dengan sewajarnya, karena efek makan kuaci terlalu banyak dapat memicu kesehatan pada calon bayi serta tekanan darah melonjak secara tiba-tiba.

Hal tersebut disebabkan karena rasa asin dan pengawet serta penyedap, terkandung dalam kuaci.

Jadi, jika efek makan kuaci terlalu banyak menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh, bagi para penggemar kuaci disarankan agar memakan kuaci dengan secukupnya saja. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -