Fakta Penemuan Petai Raksasa yang Sempat Viral Menurut Sains

Fakta Penemuan Petai Raksasa
Fakta Penemuan Petai Raksasa. Foto: istimewa

Fakta penemuan petai raksasa yang sempat viral dan membuat geger warga Banjarnegara beberapa hari yang lalu akhirnya terkuak.

Ternyata buah yang bentuknya mirip dengan petai berukuran raksasa dengan panjang 1,2 meter ini namanya adalah entada.

Meskipun buah itu bentuknya memang mirip dengan petai dengan ukuran besar, tetapi jenis pohonnya bukan seperti pohon petai.

Diketahui bahwa entada merupakan jenis liana atau tanaman yang merambat. Tanaman ini ditemukan di lokasi cagar alam Pringamba 2, Banjarnegara.

Fakta Penemuan Petai Raksasa

Mulanya salah seorang warga tidak menyangka bahwa foto petai raksasa yang diunggahnya di media sosial akan viral. Ketika itu, petai jumbo ini ditemukan warga ketika sedang melakukan tanam pohon yang lokasinya di hutan.

Baca juga: Fakta Unik Pohon Eukaliptus dan Manfaatnya

Tepatnya sekitar 7 km dari pemukiman warga. Salah seorang warga mengunggah foto tersebut ke media sosial dan akhirnya menjadi viral. Barangkali karena bentuknya bak petai dan cukup besar.

Memang benar entada ini adalah tanaman merambat. Meskipun memang masih satu ordo dengan petai, tetapi buah dari tanaman pada tidak disarankan dikonsumsi.

Berikut ini adalah beberapa fakta penemuan petai raksasa yang sempat bikin heboh warga di Banjarnegara.

Ternyata Bukan Petai

Seperti yang disebutkan di awal tadi, ternyata buah yang disangka petai raksasa itu sebenarnya bukanlah petai. Namanya adalah buah entada.

Jika dilihat, buahnya memang nampak seperti buah petai. Namun saat melihat pohonnya, buah ini memiliki pohon merambat.

Panjang Buah Mencapai 1,2 Meter

Buah yang yang bentuknya mirip dengan petai raksasa ini ditemukan warga di Banjarnegara. Panjang buah entada ini bisa mencapai 120 cm. Ukurannya 5 kali lipat ukuran petai yang ada pada umumnya.

Memiliki Rasa Pahit dan Bau Sengir

Salah satu fakta penemuan petai raksasa yang diungkap ternyata buah ini rasanya tidak seperti petai. Buah yang mirip dengan jengkol yang lengkap dengan pelindungnya.

Isi buah ini memiliki warna yang putih. Menurut warga sekitar yang sudah pernah menggigit buah ini, entada mempunyai rasa pahit dan juga sengir.

Tidak Disarankan Dikonsumsi

Berbeda dari buah petai tanaman yang bernama entada ini tidak disarankan dikonsumsi. Tetapi sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai buah yang ditemukan di Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara tersebut.

Penemuan Entada di Hutan Lindung

Di hutan lindung Pringamba 2, Desa Panawaren, Banjarnegara tanaman mirip petai raksasa ini ditemukan.

Tanaman entada ditemukan secara tidak sengaja ketika salah seorang pemuda ingin melakukan penanaman pohon di lokasi hutan lindung tersebut.

Termasuk Tanaman Langka

Fakta penemuan petai raksasa ini menunjukkan bahwa entada termasuk ke dalam jenis tanaman langka dan nantinya akan dilestarikan. Hal ini dikarenakan tidak semua kawasan hutan mempunyai jenis tanaman adat seperti ini.

Sudah Pernah Ditemui di Luar Negeri

Fakta menarik mengenai buah entada ini ternyata bukan pertama kalinya ditemukan di Indonesia. Sebab buah entada ini pernah ditemukan di luar negeri tepatnya di Malaysia.

Tepatnya pada tahun 2011, warga Perak, Malaysia sempat heboh karena tersebar berita tentang penemuan petai raksasa. Di Malaysia, buah ini disebut dengan petai gergasi.

Anda pasti bisa membayangkan 1 buah petai mungkin cukup untuk membuat sambal satu mangkok. Petai gergasi memiliki ukuran luar biasa panjang.

Panjang satu papan petai gergasi dapat mencapai satu setengah meter dengan berat buah capai 4 kg. Namun fakta penemuan petai raksasa ini apakah sama dengan yang ada di Indonesia?

Baca juga: Manfaat Kulit Petai, Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

Perihal buah yang mirip petai ini, yang pasti menurut salah satu surat kabar Malaysia Star Minggu. Buah ini ditemukan salah seorang penduduk Malaysia.

Penemuan buah yang di Indonesia disebut dengan buah entada ini tepatnya di hutan Grik di wilayah Perak, Malaysia. Dilihat dari bentuknya, kemungkinan besar petai gergasi ini memang entada.

Sebab memiliki ukuran yang sama besar dan penemuannya juga di tengah hutan. Jika memang demikian, ini membuktikan bahwa di hutan lain juga pernah ditemukan buah yang mirip dengan petai raksasa tersebut.

Penemuan petai raksasa di Malaysia kalau itu sempat membuat heboh. Bahkan waktu itu menjadi headline news yang ada di sejumlah surat kabar Malaysia.

Begitu juga dengan fakta penemuan petai raksasa yang ada di Banjarnegara ini. Selain viral di media sosial, banyak orang yang ingin melihat seperti apa buah yang disebut mirip petai berukuran raksasa itu. (R10/HR-Online)

Loading...