Fakta Reptil Laut Purba Mosasaurus, Lebih Besar dan Mengerikan

Fakta Reptil Laut Purba Mosasaurus
Fakta Reptil Laut Purba Mosasaurus. Foto: Istimewa

Fakta reptil laut purba Mosasaurus dapat terlihat melalui fosil yang ditemukan. Diperkirakan hewan purba tersebut hidup puluhan hingga ratusan juta tahun yang lalu.

Penemuan yang ditemukan berupa kerangka berupa fosil monster laut purba. Mosasaurus ini berasal dari jenis Tylosaurus.

Tylosaurus merupakan reptil laut purba yang hidup saat zaman dinosaurus. Ukurannya sangat besar seperti dinosaurus.

Diperkirakan panjangnya sekitar 6 hingga 7 meter. Hidupnya dua puluhan juta tahun yang lalu dan diperkirakan pula jika Tylosaurus mempunyai jenis kulit mulus dan tidak kasar. 

Fakta Reptil Laut Purba Mosasaurus, Lebih Besar dari T-Rex

Mosasaurus mempunyai ukuran yang super besar. Bahkan reptil tersebut dapat memangsa karnivoer mirip T-rex, yakni Indominus Rex.

Jenis Tylosaurus yang ditemukan disimpan di Museum Paleontologi Royal Tyrell yang lengkap. Bagian kerangka diawetkan, kecuali sirip yang hilang.

Baca juga: Temuan Fosil Stupendemys Geographicus, Kura-kura Raksasa Bertanduk

Kerangka Tylosaurus berhasil ditemukan mulai dari kepala hingga ekor. Siripnya kemungkinan telah membusuk atau dimakan hewan lain.

Kerangka yang ditemukan masih dalam keadaan utuh, namun posisinya sudah berubah dari bentuk aslinya.

Kerangka reptil laut tersebut agak retak dan patah, namun masih dalam kondisi cukup bagus. Berikut fakta reptil laut purba Mosasaurus yang perlu anda ketahui.

Mempunyai Banyak Spesies

Nama Mosasaurus mempunyai arti kadal dari sungai Meuse. Sebuah sungai yang berada di Belanda, tempat ditemukannya fosil Mosasaurus pertama kali.

Mosasaurus merupakan sebutan untuk reptil air purba dari keluarga Mosasauridae. Jadi tidak hanya terpaut pada satu spesies saja.

Terdapat lebih dari 40 spesies yang termasuk dalam jenis Mosasaurus. Misalnya saja, dalam film Jurassic World dapat kita lihat salah satu spesies Tylosaurus proriger.

Fakta reptil laut purba Mosasaurus lainnya yakni tidak berkerabat dengan burung yang merupakan keturunan dari dinosaurus. Saat ini hewan yang merupakan keturunan dari Mosasaurus adalah biawak dan ular.

Spesies Karnivora

Mosasaurus merupakan spesies pemakan segalanya atau karnivora. Mereka biasa berburu ikan sebagai makanan utama.

Namun, berdasarkan fosil yang ditemukan, mereka juga memakan burung, hiu, penyu dan juga Mosasaurus yang kecil.

Deretan gigi yang dimiliki reptil ini mempunyai bentuk kerucut. Fakta reptil laut purba Mosasaurus tidak mempunyai tepian untuk memotong seperti yang terlihat pada hiu.

Sehingga dapat diperkirakan cara memakan mangsanya hampir sama seperti ular. Giginya hanya digunakan untuk menangkap dan menahan mangsa sebelum ditelan. Jadi tidak dipakai untuk memotong tubuh mangsa.

Ukuran Beraneka Ragam

Ukuran Mosasaurus bervariasi karena mempunyai spesies yang banyak. Hainosaurus Bernardi merupakan spesies yang paling besar.

Panjang Hainosaurus mencapai 17 meter. Sementara untuk spesies yang terkecil adalah Dallasaurus dengan panjang kurang dari 1 meter.

Temuan Fosil Hampir di Seluruh Dunia

Fakta reptil laut purba ini ditemukan hampir di seluruh dunia. Termasuk diantaranya adalah di Antartika. Sudah dapat diperkirakan jika jenis reptil ini merupakan pemangsa yang seperti monster.

Bahkan terdapat Mosasaurus yang bisa hidup di air tawar. Seperti Pannoniasaurus yang telah ditemukan di Hungaria. Selain itu, ada Goronyosaurus yang ditemukan di Afrika.

Mosasaurus sebenarnya tidak mampu berenang dengan cepat dan melompat tinggi seperti yang tampak dalam film Jurassic World.

Baca juga: Hewan Purba yang Belum Punah Sampai Sekarang, Apa Saja?

Selain itu, saat berenang reptip laut ini hanya mengandalkan ekornya saja. Siripnya akan dirapatkan pada tubuh.

Fakta reptil laut purba Mosasaurus terkait siripnya, ternyata hanya digunakan untuk menstabilkan tubuh, jadi tidak dipakai untuk berenang.

Zaman purba sudah kita lewati berjuta-juta tahun silam. Hewan yang hidup saat ini merupakan evolusi dari makhluk purba.

Golongan hewan pada dasarnya berkumpul di laut. Namun, adanya proses revolusi dan evolusi, spesies hewan laut menjadi hidup di darat.

Penghuni lautan zaman dulu amat besar dan mengerikan. Bisa disebut seperti monster. Salah satu diantaranya adalah seperti yang sudah kita bahas di atas, Mosasaurus.

Tubuh yang ramping dengan permukaan atas gelap, sedangkan bawah lebih terang akan menyamarkan keberadaannya saat di dalam air. Hewan yang akan dimangsa pun akan terkecoh.

Monster laut yang mirip buaya ini mempunyai tubuh besar. Giginya sangat tajam layaknya gergaji. Fakta reptil laut purba Mosasaurus merupakan predator yang besar dan ganas. Pada masanya, reptil tersebut berkuasa di samudera. (R10/HR-Online)

Loading...