Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruFakta Unik Benua Antartika yang Masih Misterius

Fakta Unik Benua Antartika yang Masih Misterius

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Fakta unik Benua Antartika yang masih misterius. Benua Antartika merupakan benua terbesar kelima di dunia yang terletak di wilayah paling selatan bumi.

Benua Antartika ini menyimpan banyak misteri, karena tidak memiliki penghuni selain para ilmuwan yang melakukan penelitian dan hewan-hewan asli disana.

Tapi, taukah Anda tentang Antartika? beberapa fakta unik diantaranya terdengar cukup misterius? Berikut ini informasinya;

Fakta Unik Benua Antartika 

Stasiun Penelitian

Benua Antartika yang sebagian besar wilayahnya terselimuti es menjadi daya tarik bagi para ilmuwan untuk mengadakan penelitian disana.

Maka dari itu, dibangunlah fasilitas yang dapat menunjang kebutuhan para ilmuwan selama penelitian. Di Antartika terdapat sekitar kurang lebih 70 sampai 80 fasilitas permanen yang didirikan mewakili 30 negara di dunia.

McMurdo Station menjadi fasilitas terbesar di Benua Antartika yang mampu menampung 3000 orang selama musim panas.

Fakta unik Benua Antartika seperti McMurdo Station yang menjadi pangkalan utama Amerika didirikan di atas tanah vulkanik. Disanalah para ilmuwan setiap hari meneliti hal-hal baru di Antartika.

Danau Terkubur di Bawah Es

Di bawah es benua Antartika juga ditemukan sebuah danau yang bernama danau Vostok. Danau yang terkubur ini memiliki suhu sangat dingin, gelap dan tekanan kuat berasal dari es di atasnya.

Danau ini menjadi salah satu danau subglacial terbesar di dunia yang terkubur 3,2 kilometer di bawah es selama 15 juta tahun.

Danau Vostok menjadi ekosistem yang cukup kaya karena di dalamnya menyimpan kehidupan para organisme.

Tim ilmuwan dari Bowling Green State University, Amerika Serikat, menemukan sekitar 3.507 urutan gen. Temuan ini merupakan bagian dari beberapa Fakta Unik Benua Antartika.

Di mana sekitar 94 persen dari jumlah tersebut menjadi urutan gen bakteri yang berasal dari kelompok ekstremofil penyuka tempat dingin dan minim pencahayaan.

Sedangkan sisa gennya berasal dari organisme yang lebih kompleks, yaitu seperti jamur, krustasea dan moluska.

Dilihat dari segi ukuran, diperkirakan Danau Vostok menyaingi Danau Ontario yang yang terletak di negara Amerika Utara.

Pegunungan di Bawah Benua Antartika

Fakta Unik Benua Antartika yang mengejutkan selanjutnya adalah adanya pegunungan di bawah es Benua Antartika.

Pegunungan ini disebut pegunungan Subglacial Gamburtsev yang letaknya terkubur di kedalaman 600 meter.

Pegunungan Gamburtsev ini ditemukan pertama kali sekitar 50 tahun yang lalu oleh para ilmuwan dari Rusia.

Pegunungan ini diperkirakan memiliki luas seperti gunung Alpen yang puncaknya berlekuk dengan tinggi lebih dari 2.400 meter atau 8.000 kaki. Sedangkan luasnya mencapai 1.200 kilometer di perut benua.

Pegunungan yang terkubur di bawah es yang padat dan tebal lebih dari satu mil atau 1.6 kilometer ini masih menyimpan banyak misteri.

Itulah beberapa Fakta Unik Benua Antartika yang hingga kini tetap menjadi misteri. Tidak tak heran jika berbagai hal yang ada disana pun seolah penuh dengan misteri. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -