Fenomena Atmosfer Langka yang Selalu Ramai Dibicarakan, Apa Saja?

Fenomena Atmosfer Langka
Fenomena Atmosfer Langka. Fptp: Istimewa

Fenomena atmosfer langka sungguh sayang jika dilewatkan begitu saja. Mengingat langka, maka sudah pasti sangat jarang terjadi.

Ketika fenomena tersebut berlangsung, anda jangan sampai mengabaikannya. Bisa jadi fenomena tersebut hanya akan anda saksikan sekali dalam seumur hidup.

Fenomena Atmosfer Langka

Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan beberapa fenomena atmosfer yang jarang terjadi selengkapnya untuk anda. Pastikan anda menyimaknya sampai selesai.

Mirages

Salah satu fenomena atmosfer yang sebaiknya anda tahu yaitu Mirages. Saat mendengar fenomena ini, mungkin anda akan merasa asing.

Namun bagaimana dengan Fatamorgana? Tentu anda sudah sering mendengarnya bukan? Mirages atau Fatamorgana ini seringkali dianggap sebagai halusinasi manusia.

Dimana muncul kota, air, dan bahkan danau dalam penglihatannya padahal pada kenyataannya tak ada sama sekali. Fenomena atmosfer langka ini biasanya terjadi di gurun, padang pasir, dan jalan beraspal.

Terkait bagaimana fenomena ini bisa muncul, ternyata hal tersebut dipengaruhi oleh pembiasan cahaya. Fatamorgana ialah ilusi optik hasil proses pembiasan tersebut.

Selain langka, fenomena ini juga unik. Keunikan ini bisa dilihat dari penamaannya. Tak banyak yang tahu bahwa ternyata nama Fatamorgana diambil dari nama saudari Raja Arthur, yakni Faye le Morgana.

Faye le Morgana sendiri diyakini sebagai seorang peri yang bisa berubah-ubah wujudnya. Tak heran jika fenomena Fatamorgana begitu mengundang rasa penasaran siapa saja.

Aurora Borealis

Fenomena atmosfer yang jarang terjadi selanjutnya yaitu Aurora Borealis. Fenomena atmosfer langka ini juga dikenal dengan sebutan Aurora Australis di belahan dunia selatan.

Aurora Borealis ini biasanya terjadi di kawasan yang berdekatan dengan kutub. Dimana fenomena ini akan berlangsung saat siang dan malamnya sama panjang.

Fenomena yang satu ini bukan hanya langka, akan tetapi juga cantik. Fenomena ini akan menciptakan warna-warna mengesankan di langit.

Pelangi Api

Selain Aurora Borealis, fenomena Pelangi Api juga tak kalah menarik untuk anda ketahui. Sebenarnya, Pelangi Api ini adalah julukan untuk Cicumhorizontal Arc.

Sebagaimana julukan tersebut, fenomena atmosfer langka ini menampilkan pelangi namun bentuknya seakan mengingatkan kita dengan api.

Tak seperti pelangi pada umumnya, fenomena yang menyerupai kobaran api di langit ini tidaklah melengkung. Karena tidak biasa, tak sedikit yang menyebutnya sebagai gerbang dunia lain.

Parhelion

Fenomena Parhelion ini juga sering disebut dengan nama Sun Dog. Jika mendengar namanya, mungkin anda akan mengartikannya secara literal sebagai matahari anjing.

Namun nyatanya tidaklah demikian. Kata Dog ini diartikan secara verb dalam bahasa Inggris yang berarti mengikuti. Hal inilah yang terjadi dalam fenomena Sun Dog.

Saat fenomena atmosfer langka ini berlangsung, anda akan melihat seakan-akan ada lebih dari satu matahari di langit. Padahal matahari lainnya yang anda lihat tersebut hanyalah pantulan atau bayangan dari matahari yang sebenarnya saja.

Dengan kesan mengikuti, fenomena ini terjadi ketika posisi matahari lebih rendah. Misalnya saat akan terbenam atau terbit.

Kemudian cahayanya akan menembus lempeng es kristal heksagonal yang berjejer secara horizontal di langit. Selanjutnya, cahaya berbelok dengan sudut minimal 22 derajat.

Dengan melewati serangkaian proses yang sangat jarang terjadi tersebut, muncullah penampakan matahari yang seolah tak hanya satu di langit.

Green Flash

Green Flash juga dikenal dengan Green Ray. Fenomena atmosfer langka yang satu ini berlangsung begitu singkat, setidaknya hanya dua detik saja.

Bagi anda yang sangat ingin menyaksikan atau bahkan mengabadikannya, anda bisa pantau matahari saat menjelang tenggelam dan setelah terbit.

Dikarenakan sinar hijaunya cepat hilang, maka anda harus cermat dan bergerak cepat. Mengenai bagaimana fenomena ini bisa terjadi, ternyata hal tersebut disebabkan oleh pembiasan cahaya di atmosfer.

Petir yang Menuju Ke Atas

Fenomena ini tentu saja terbilang aneh. Selama ini kita tahu bahwa petir seringkali muncul dari langit ke Bumi. Namun berkebalikan dengan fenomena ini.

Fenomena ini memperlihatkan petir yang justru mengarah ke atas. Meski demikian, fenomena petir ini tetap saja mengerikan sehingga sebaiknya anda tidak mendekatinya.

Tak bisa dipungkiri bahwa beberapa fenomena atmosfer langka memang menarik untuk diketahui dan dipelajari agar lebih mengenalnya secara mendalam. (R10/HR-Online)

Loading...