Fitur Apple Maps Terbaru Siap Bersaing dengan Google Maps

Fitur Apple Maps Terbaru
Tampilan Fitur Apple Maps Terbaru, Foto: Istimewa

Fitur Apple Maps terbaru dikabarkan membawa banyak update. Pembaruan lengkap dengan peta baru memuat informasi mengenai rute, termasuk diantaranya pantai, bangunan, serta taman yang lebih rinci dan detail.

Hal tersebut merupakan upaya Apple untuk membantu para pengendara dalam melengkapi sensor yang diperlukan.

Apple telah menyertakan update terbaru Apple Maps pada iOS 13. Aplikasi navigasi digital tersebut sudah sepantasnya dimiliki perangkat Apple selayaknya Google Maps.

Baca juga: Kelemahan Google Maps, Bisa Dieksploitasi dengan Mudah

Saat ini Google Maps merupakan aplikasi yang menjadi perhatian Apple. Pasalnya, layanan navigasi Google dapat menunjukkan tempat dan arah secara akurat.

Disamping itu, Google Maps juga telah menyimpan banyak informasi terperinci serta banyak tempat yang telah dikunjungi.

Fitur Apple Maps Terbaru Akses Lebih Cepat

Fitur teranyar pada Apple Maps menampilkan beberapa tempat favorit. Akses yang ditawarkan lebih cepat dengan penggunaan layar beranda yang dirancang ulang.

Pengguna memungkinkan untuk menyusun daftar lokasi tertentu serta dapat membagikannya dengan anggota keluarga atau rekan-rekan.

Apple Maps juga menawarkan Look Around yang hampir mirip dengan Google Street View. Fitur Apple MapsLook Around mampu menampilkan fotografi 360 derajat.

Fitur Apple Maps terbaru membawa banyak perubahan. Sebelumnya, fitur ini telah ditawarkan oleh Google Maps.

Pada fitur Google Street View, telah memperluas cakupannya di sebagian besar wilayah Amerika Serikat, Amerika Selatan, Australia, Eropa, India, Jepang, Rusia dan beberapa kawasan lain.

Data Street View tersebut telah dikumpulkan Google selama lebih dari satu dekade. FiturLook Around merupakan update Maps yang didasarkan pada peta terkini yang telah dibuat.

Saat ini para pengguna kebanyakan lebih menginginkan aplikasi navigasi yang lebih dari sekedar menunjukkan arah.

Untuk itu, Apple berupaya untuk menampilkan detail seperti restoran yang menerima pemesanan atau tidak, tampilan menu makanan dan harganya dengan fitur Apple Maps terbaru.

Hal tersebut sebelumnya telah dilakukan oleh Google Maps yang berevolusi seperti Yelp. Banyak eksplorasi yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan Google Maps.

Baca juga: Update Google Maps Untuk Fitur Baru dan Desain Antarmuka Terbaru

Google Maps dapat menunjukkan tempat serta acara menarik yang dapat mendapat perhatian lebih dari para penggunanya.

Google Maps juga memberikan informasi yang lebih detail, misalnya saja ketentuan waktu menunggu di restoran saat-saat tertentu.

Dengan demikian, Apple berusaha untuk mengubah citranya yang sebelumnya hanya dikenal sebagai produsen berkualitas dari perangkat keras.

Kini mulai merambah pada layanan digital yang lebih difokuskan pada layanan, misalnya saja game, TV dan layanan berita.

Cara Penggunaan Fitur Apple Maps Terbaru

Tampaknya rencana Apple terbaru berupaya untuk menyaingi Google. Inovasi berupa peningkatan pada aplikasi petanya, yakni fitur Maps terbaru.

Perusahaan dengan basis Cupertino ini mengupdate aplikasi Mapsnya serta menghadirkan fitur baru. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan para pengguna untuk menemukan tempat baru serta pengetahuan tentang tren, makanan, belanja dan perjalanan.

Fitur Look Around yang merupakan fitur Maps terbaru hampir mirip dengan Google Street View. Cara penggunaannya pun tidak jauh berbeda.

Seperti layaknya pada Google Street View, pengguna Look Around yang ingin menelusuri bangunan atau tempat di sekitar jalan raya dapat mencari titik jalan yang mereka inginkan.

Detail di sekeliling jalan dapat dilihat dengan jelas menggunakan fitur Apple Maps terbaru tersebut. Caranya dengan menekan ikon alat binokular pada kanan atas aplikasi Apple Maps.

Ikon tersebut lebih tepatnya terletak di bawah ikon panah navigasi. Selanjutnya pengguna dapat melihat tampilan 360 derajat imersif pada lokasi atau titik jalan tersebut.

Fitur Maps terbaru memungkinkan layar dapat digeser ke berbagai arah supaya bisa melihat sekitar jalan yang telah dipilih.

Namun sayang sekali, area yang dapat dilihat dengan fitur ini sangat terbatas. Hanya Kota San Francisco saja yang dapat dilihat.

Apple akan menambah lokasi untuk dukungan Look Around untuk kedepannya. Sehingga dapat menyamai Street View.

Wilayah mana saja yang bakal disematkan dalam fitur ini belum dijelaskan secara pasti. Fitur Apple Maps terbaru dapat digunakan bagi anda yang mempunyai iPhone. Selain itu, juga OS atau sistem operasinya harus diupdate ke iOS 13. (R10/HR-Online)

Loading...