Fitur Baru Android 11 Versi Pengembang Sudah Bisa Dicoba

fitur baru android 11
Fitur baru Android 11 versi pengembang sudah bisa dicoba. Foto: Ist/Net

Fitur baru Android 11 kini sudah bisa dicoba para pengguna dari ponsel Pixel. Google baru memasuki tahap uji coba terhadap fitur Android ini.

Fitur yang hadir dengan sistem operasi baru tersebut telah dibocorkan mengenai beberapa informasinya dari Google.

Pada Android 10 memang telah dibekali dengan fitur yang terbilang banyak. Namun, Google terus berupaya melakukan peningkatan, seperti dukungan untuk 5G.

Selain itu, juga menghadirkan fitur privasi yang lebih baik serta antarmuka aplikasi pesan yang lebih baru.

Inilah Fitur Baru Android 11

Android 11 merupakan versi pengembang, jadi bukan versi akhir. Para pengguna masih akan menemukan sejumlah kesalahan.

Versi pengembang pada Android 11 ini dapat dipasang pada perangkat buatan Google. Misalnya saja, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4 serta Pixel 4 XL.

Baca Juga: Fitur Nearby Sharing di Android, Terobosan Terbaru Google

Uji coba ponsel ini baru dapat diinstall dengan menggunakan flash penuh. Sehingga semua data milik pengguna akan terhapus atau hilang.

Jika anda ingin mencobanya, maka pakailah ponsel yang bukan perangkat utama. Atau bukan ponsel yang dipakai dalam keseharian.

Berikut kami sampaikan mengenai ulasan fitur baru Android 11 versi pengembang yang dapat dicoba. Kemungkinan akan segera hadir jika sudah resmi dirilis.

Bubbles

Bubbles merupakan gelembung notifikasi yang memungkinkan aplikasi muncul dalam size yang lebih kecil di layar. Gelembung tersebut akan muncul saat ada pemberitahuan baru.

Fitur Bubbles ini disebut-sebut juga akan masuk ke Android 10. Gelembung notifikasi akan memberikan layanan seperti pesan pop-up.

Sejumlah percakapan dapat dilakukan dan diakses dengan lebih cepat dan mudah. Fitur tersebut untuk saat ini hanya dikeluarkan oleh Google saja.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan untuk kedepannya fitur baru Android 11 tersebut dapat digunakan oleh aplikasi, seperti Facebook Messenger, WhatsApp dan masih banyak lagi.

Screen Recording

Android 10 beta sebenarnya sudah lebih dulu menghadirkan fitur perekaman layar ini. Namun kemudian menghilangkannya.

Kini Screen Recording kembali hadir dengan tampilan yang lebih menarik pada fitur Android 11. Pembaruan lainnya adalah mode gelap yang bisa menyala secara otomatis dan motion sense untuk mendengarkan musik pada Pixel 4.

Di samping fitur baru Android 11, juga terdapat pembaruan minor yang lain. Sensitivitas layar sentuh juga telah diperbarui, khususnya untuk Pixel 4.

Meskipun mode pesawat aktif, namun koneksi Bluetooth pada Android 11 untuk perangkat audio tetap akan menyala.

Conversations

Conversations hampir mirip dengan gelembung notifikasi atau Bubbles. Tampilan pesan masuk pada bagian notifikasinya dapat disesuaikan dengan aplikasi. Misalnya saja, Instagram, Email dan pembaruan aplikasi.

Kehadiran Conversations akan memudahkan para pengguna dalam melakukan komunikasi. Dengan fitur Android 11, saat membalas notifikasi yang masuk juga semakin cepat.

App Permission

Pilihan yang diberikan pada fitur ini adalah izin sementara pada aplikasi untuk melakukan akses fitur tertentu pada smartphone. Misalnya saja, mikrofon, data lokasi dan kamera.

Dengan adanya App Permission yang merupakan  fitur baru Android 11,  penggunaan ponsel akan lebih aman.

Dukung 5G

Saat ini kebutuhan akan fitur 5G sangat banyak. Untuk itu, Android 11 telah menyematkan teknologi 5G.

Fitur 5G telah dipakai beberapa negara untuk beberapa tahun ke depan. Layanan 5G ini akan memberikan sistem yang mampu beradaptasi dengan kualitas streaming video.

Google juga akan memberikan dukungan low latency untuk video. Selain itu, ada API neural network Google dan screening panggilan suara yang lebih baik lagi.

API berfungsi untuk mengatur mute pada tiap notifikasi saat anda menggunakan kamera. Sehingga, para pengguna saat melakukan video call juga akan dimudahkan dengan adanya fitur baru Android 11 yang satu ini.

Dark Mode Otomatis

Sebenarnya pada Android 10 telah menggunakan dark mode otomatis. Namun mode gelap pada Android 11, pengguna dapat menjadwalkan dark mode supaya aktif secara otomatis pada waktu-waktu yang telah disetting.

Fitur Android 11 dark mode dihadirkan bersamaan dengan sejumlah aplikasi. Tidak kalah menarik lagi hadir bersama sistem operasi seperti Android yang kini penggunanya semakin banyak.

Dukungan lain yang diberikan adalah adanya perubahan yang lebih baik pada smartphone dengan layar waterfalll, layar hole punch dan layar lipat.

Terdapat sistem pembaruan atau update aplikasi yang lebih mudah pada Play Store untuk fitur baru Android 11. Versi Android generasi selanjutnya akan membawa sejumlah fitur yang ditingkatkan. (R10/HR-Online)

Aegis Boost Pro