Fitur Co-Watching Instagram, Dukung Social Distancing

itur Co-Watching Instagram
itur Co-Watching Instagram. Foto: Istimewa

Fitur Co-Watching Instagram sangat mendukung kebijakan social distancing yang diterapkan saat ini untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Pengalaman pasif bagi masyarakat yang terisolasi akan berubah menjadi lebih aktif dan sosial.

Co-Watching dapat anda manfaatkan untuk melakukan video call Instagram. Fitur terbaru ini akan memenuhi kebutuhan para pengguna untuk dapat berhubungan secara virtual bersama keluarga dan teman.

Cara Menggunakan Fitur Co-Watching Instagram

Berbagai penawaran menarik disuguhkan Co-Watching sehingga banyak cara berkumpul dengan yang lainnya tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Beberapa pekan ini permintaan terhadap aplikasi panggilan video jarak jauh dan tempat kerja semakin meningkat.

Baca juga: Fitur Stiker Komentar Instagram Stories, Lebih Berekspresi Ketika Berkomentar

Hal ini disebabkan karena banyak orang yang menghabiskan waktu di rumah untuk meminimalisir penyebaran virus Corona.

Bahkan sudah banyak yang melakukan kerja dari rumah. Untuk itu, diperlukan fitur Co-Watching Instagram agar masyarakat tetap produktif.

Selain itu, untuk sekolah dan perguruan tinggi juga dilaksanakan secara online. Sehingga memaksa banyak orang untuk menemukan cara dan mencari alternatif yang inovatif agar bisa terhubung satu dengan yang lain, namun tetap menjaga jarak sosial.

Pengujian Co-Watching pertama kali ditemukan oleh Jane Manchun Wong bulan April 2019. Namun belum dapat dipastikan kapan pihak Instagram akan merilis fitur ini. Sehingga dapat melayani pengguna selama terjadi wabah Covid-19.

Sementara untuk fitur Co-Watching Instagram  sudah tersedia secara global. Siapa saja dapat mengaksesnya melalui video chat di Instagram. Namun, fitur baru dari Instagram ini belum dapat dinikmati di Amerika Serikat.

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah, cukup mengetuk ikon video camera yang ada di sudut kanan atas DM atau Direct Message.

TCL

Jika anda sudah memasuki video chat, maka akan muncul icon foto yang terdapat di sudut kiri bawah layar. Anda dapat mengakses Co-Sharing dengan mudah.

Pada fitur Co-Sharing, anda bisa memilih video dan foto di Instagram, bookmark dan postingan untuk dibagikan dalam grup video chatting.

Fitur Co-Watching Instagram, Berbagi Foto dan Video Sambil Video Call

Penyebaran virus Corona yang diantisipasi dengan social distancing tidak berarti akan memutus komunikasi setiap orang.

Kini banyak aplikasi bermunculan agar komunikasi terus terjalin. Salah satunya adalah Co-Watching yang ditawarkan Instagram selama masa pandemi.

Baca juga: Fitur DM Instagram Versi Web Kini Dapat Anda Akses

Fitur Co-Watching Instagram memungkinkan para pengguna untuk berbagi foto dan video secara bersama-sama. Anda bisa menggunakan fitur ini saat melakukan panggilan video dengan Co-Watching.

Jika sudah menggunakan aplikasi Co-Watching, maka anda dapat melihat foto dan video untuk dibagikan. Caranya dengan mengetuk icon foto yang terletak di pojok kiri bawah dari tampilan video tersebut.

Saat anda mengunggah sebuah Stories, maka akan muncul sticker Stay Home. Untuk seluruh pengguna Instagram dapat mengetahui aktiviatas orang lain dengan stiker ini.

Tambahan Fitur Stiker

Meskipun hanya berdiam diri di rumah, namun masih bisa bersosialisasi dengan kehidupan di luar. Salah satu caranya dengan menggunakan fitur Co-Watching Instagram.

Istilah yang memungkinkan untuk melakukan panggilan video secara bersama-sama di Instagram dengan Co-Watching ini disebut video chat. Pengguna yang dapat memakainya bisa berjumlah enam orang sekaligus.

Anda dapat membagikan postingan yang disukai, disimpan dan disarankan. Semua peserta dapat mendengar video yang diputar. Akan tetapi, untuk membagikannya pada post secara bersama-sama belum bisa dilakukan.

Lebih menarik lagi, CoWatching menambahkan berbagai macam stiker menarik. Anda bisa menemukan stiker dengan mengetikkan macam-macam kata kunci melalui stiker di Instastories.

Jika sudah mencari kata kunci untuk fitur Co-Watching Instagram, maka akan muncul gambar-gambarnya.

Bila anda mengetikkkan Covid-19, maka akan muncul himbauan untuk mencuci tangan, social distance, dan berbagai tips lainnya tentang pencegahan penyebaran virus tersebut.

Disamping itu, Instagram juga akan memberikan sumber edukasi dalam kolom pencarian. Terdapat pula stiker Di Rumah Aja, menghapus konten hoaks Covid-29 dari menu eksplor, serta menciptakan tagar #dirumahaja. Instagram secara langsung akan menampilkan akun WHO serta otoritas kesehatan setempat yang terpercaya.

Fitur Co-Watching Instagram akan memudahkan para pengguna terhubung dengan pengguna yang lain. Wabah virus Corona harus diperangi dengan tetap stay di rumah dan melakukan social distancing. (R10/HR-Online)

Loading...