Fitur Lirik Lagu YouTube Music, Ini Cara Mengaktifkannya

fitur lirik lagu youtube music
Salah satu tampilan lirik lagu pada fitur lirik lagu YouTube Music. Foto: Ist/Net

Fitur Lirik Lagu YouTube Music kini dapat dimainkan dengan mudah. Hal tersebut memberikan manfaat yang besar bagi para pengguna YouTube Music.

Hadirnya lirik lagu dalam aplikasi YouTube dapat membantu para pengguna yang ingin sekedar mengetahui liriknya. Bahkan jika akan bernyanyi atau karaoke akan sangat membantu.

Cara Mengaktifkan Fitur Lirik Lagu YouTube Music

YouTube Music memang makin populer dan menjadi aplikasi streaming musik yang banyak digunakan pengguna smartphone. Biaya berlangganan premiumnya terbilang cukup terjangkau.

Memang fitur Lirik Lagu telah banyak diimplementasikan oleh  beberapa aplikasi. Misalnya saja Spotify, namun kehadiran Lirik Lagu YouTube Music tetap mendapat sambutan yang baik.

Pengguna dari YouTube Music di forum Reddit mengklaim bila lagu yang mereka putar dan tonton dapat menampilkan lirik pada bagian bawahnya.

Baca Juga: Aplikasi YouTube Music Rilis di Indonesia, Layanan Musik Streaming Mirip Spotify

Cara mengaktifkan Lirik Lagu pada tampilan YouTube Music tidak begitu sulit. YouTube telah meningkatkan pelayanan dengan merilis fitur Lirik Lagu. Sehingga para pengguna akan dimanjakan, terlebih jika ingin menggunakannya berkaraoke.

Setelah YouTube Premium dan YouTube Music meraih 20 juta pelanggan lebih, maka fitur Lirik Lagu YouTube Music mulai dirilis.

Lirik Lagu dapat diakses melalui halaman Now Playing. Disamping itu, terdapat info lagu pada sebelah kiri judulnya.

Teks lirik lagu akan muncul pada bagian bawah. Seluruh halaman nyaris akan dipenuhi dengan teks tersebut.

Desain tampilan lirik sederhana, sehingga para pengguna bisa lebih fokus pada konten utamanya. Teks ditampilkan dengan warna hitam putih saja.

Warna Tema Latar YouTube Music

Kemudian untuk warna tema latar disesuaikan dengan foto album. Semua lirik yang ditampilkan dalam fitur Lirik Lagu YouTube Music sudah sesuai dengan lirik aslinya yang kebanyakan beredar di Google.

Tampilan Now Playing YouTube Music semakin mudah untuk dinavigasikan pengguna. Ada beberapa perubahan yang lain, misalnya saja pada tombol transisi antara video dan lagu.

Lagu yang ditampilkan dalam fitur ini sebagian besar telah berlisensi. Selain itu, juga telah diunggah oleh artis yang sudah diverifikasi.

Lirik pada YouTube Music belum sepenuhnya tersedia secara merata. Ada beberapa lagu yang belum mendukung penyediaan lirik.

Kebanyakan dari video yang ditampilkan tidak memberikan pilihan untuk melihat lirik. Akan tetapi, ada beberapa kasus lirik yang disediakan dalam beberapa video.

Namun anda dapat memakai fitur Google Search agar lirik bisa ditampilkan pada aplikasi YouTube Music. Kemungkinan fitur Lirik Lagu YouTube Music juga akan segera tersedia untuk versi web dan iOS.

Tips Mencari Lagu YouTube Music

Bila anda ingin memutar musik namun tidak tahu judul atau penyanyinya, tidak perlu merasa bingung. Karena, dengan potongan sebuah lagu saja dapat menemukannya di YouTube Music.

Fitur yang terdapat di aplikasi ini memudahkan para pengguna untuk mendengarkan musik meskipun tidak mengetahui judulnya. Hal inilah yang membuat YouTube Music berbeda dengan aplikasi streaming musik yang lain.

Tips mencari musik melalui aplikasi fitur Lirik Lagu YouTube Music yang pertama dengan buka aplikasi YouTube Music.

Kemudian klik pada icon Search atau Pencarian di bagian kanan atas. Tap pada icon mic dan ucapkan sepenggal lirik lagu yang akan anda cari.

Selain itu, anda juga bisa mengetikkan untuk mencarinya. Tidak memerlukan waktu yang lama untuk menemukan judul lagu yang sesuai dengan lirik yang anda ketik atau ucapkan.

Judul lagu, penyanyi dan alunan musiknya dapat anda nikmati. Penggunaan fitur ini memerlukan sambungan internet pada smartphone.

Fitur ini dapat dinikmati oleh siapapun. Jadi tidak hanya pengguna premium saja. Jenis premium disediakan dengan cara berlangganan. Kelebihan fitur ini adalah tidak ada gangguan iklan dalam menikmati berbagai lagu.

Tersedia Versi Web dan iOS

Kemungkinan fitur Lirik Lagu YouTube Music juga akan segera tersedia untuk versi web dan iOS. Update terbaru dari YouTube terus dikembangkan dengan tujuan untuk membuat para penggunanya lebih betah saat memakai aplikasi streaming musik. 

Selanjutnya, YouTube juga akan menawarkan kemudahan bagi para pengguna dengan meluncurkan tiga playlist.

Adapun ketiga playlist tersebut yaitu Discover Mix, New Release Mix serta Your Mix. Adanya playlist ini tentu saja menguntungkan karena saat memutar lagu akan terasa lebih mudah. (R10/HR-Online)

Loading...