Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita TerbaruGangguan Daya Ingat dan Ciri-cirinya

Gangguan Daya Ingat dan Ciri-cirinya

Gangguan daya ingat dan ciri-cirinya. Gangguan terhadap daya ingat atau sering disebut sebagai penyakit alzheimer adalah penyakit kelainan yang menyerang daya ingat.

Penyakit tersebut dapat ditandai seperti halnya penurunan daya ingat, berpikir dan berbicara. Bagi penderita fase awal pasti akan sering menagalami lupa bahkan akan sulit untuk berbicara.

Untuk mengetahui lebih dalam jenis penyakit alzheimer atau gangguan ingatan, berikut ini ulasannya.

Gangguan Daya Ingat Berikut Gejalanya

Jenis Gangguan Daya Ingat

Penyakit alzheimer sangatlah mengganggu aktivitas sehai-hari. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui apa saja jenis gangguan daya ingat tersebut.

  • Merasakan Kesulitan Melakukan Aktivitas Sehari-hari

Penyakit alzheimer yang sangat merugikan yaitu Anda akan lupa dengan aktifitas sehari-hari yang biasa dilakukan seperti halnya memasak.

Kemudian merasa kesulitan mengendari mobil dan motor, bahkan sampai melupakan rute jalan yang biasa ditempuh atau dilewati.

  • Gangguan Penglihatan

Orang yang menderita penyakit alzheimer bukan hanya daya ingat yang terganggu, tetapi juga menyerang penglihatan seperti sulit dalam membaca dan membedakan warna.

  • Gangguan Memori

Gangguan terhadap memori atau alzheimer ingat merupakan hal yang umum dan wajar. Namun, bagi penderita penyakit alzheimer ini memilki daya lupa yang amat tinggi dan tidak sewajarnya.

Penderita sangat sulit mengingat informasi dan pembicaraan seseorang yang baru saja diperbincangkan.

Ciri-ciri Penderita Alzheimer

Pada tahap awal seseorang yang terkena penyakit alzheimer biasanya akan mudah lupa, lupa nama benda, lupa akan peristiwa sesuatu dan diikuti ciri-ciri sebagai berikut.

  • Mengulangi Suatu Tindakan

Ciri-ciri orang yang mengalami penurunan daya ingat yakni selalu mengulangi suatu kata-kata, perkataan, ataupun aktivitas yang sudah ia lakukan. Penderita penyakit ini dipicu dengan adanya rasa cemas, bosan dan takut.

  • Delusi dan Paranora

Orang yang mengalami penyakit alzheimer tersebut juga ditandai dengan adanya sifat curiga yang tinggi terhadap sesuatu dan orang lain.

Seperti halnya, mengalami halusinasi terhadap pendengaran, penglihatan dan perasaan yang berlebihan, sehingga akan membuat seseorang mudah marah dan agresif.

  • Perubahan Suasana Hati

Ciri-ciri oarang yang mengalami penyakit alzheimer tersebut yaitu mudah gelisah dan cemas. Selain itu, perasaan hatinya yang sedang bercampur akan membuat penderita mudah dalam meluapkan amarahnya.

Faktor Penyebab Seseorang Menderita Alzheimer

Banyak orang yang mempertanyakan soal mengenai apa penyebab seseorang mengalami penyakit tersebut.

Faktor penyebab utama adalah pola hidup yang kurang sehat. Ini biasanya menyerang wanita, dan orang berusia diatas 65 tahun.

Itulah beberapa jenis gangguan daya ingat, ciri-ciri dan penyebabnya. Penyakit yang juga disebut alzheimer ini perlu Anda waspadai. Selain itu, Anda harus tetap menjaga gaya hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit ini. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -