Gejala Kanker Otak Stadium Awal yang Perlu Anda Waspadai

Gejala Kanker Otak Stadium Awal yang Perlu Anda Waspadai
Gejala kanker otak stadium awal perlu anda waspadai sejak dini. Foto:Ist/Net

Gejala kanker otak stadium awal perlu anda waspadai sejak dini. Kewaspadaan terhadap ancaman kanker otak harus dilakukan, agar penyakit mematikan ini tidak terdeteksi saat sudah masuk ke stadium lanjut.

Kasus kematian karena kanker otak di Indonesia cukup tinggi. Salah satu artis yang meninggal dunia karena kanker otak sebut saja Agung Hercules. Saat ini, kanker otak termasuk penyakit tidak menular yang paling ditakuti karena berisiko fatal menimbulkan kecacatan hingga kematian.

Berdasarkan data dari WHO pada tahun 2018 lalu, kasus kanker di Indonesia mencapai hampir 350 ribu. Dari jumlah tersebut, kanker otak menempati urutan ke-17 dengan penderita mencapai sekitar 5000 orang.

Sebelum kita bahas apa saja gejala kanker otak, akan kita bahas dulu apa itu kanker otak. Dilansir dari laman Alodokter, kanker otak merupakan sebuah pertumbuhan sel tidak normal yang disebut tumor pada bagian otak yang sifatnya ganas. Sel kanker pada otak tersebut bisa menguasai dan mengambil ruang, darah, dan nutrisi dari sel-sel sehat pada tubuh.

Jenis Kanker atau Tumor Otak

Tumor otak sendiri terbagi kedalam dua jenis yakni tumor otak jinak dan ganas. Kanker atau tumor ganas pada otak cenderung lebih cepat tumbuh dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Walaupun sudah diangkat, namun tumor pada bagian otak bisa muncul kembali.

Kanker otak berasal dari sel otak itu sendiri, kerap disebut kanker otak primer. Sel kanker juga bisa berasal dari bagian tubuh yang lainnya, kemudian menyebar sampai ke otak, kondisi demikian sering disebut kanker otak sekunder.

Kanker otak bisa menyerang siapa saja tanpa memandang umur. Maka dari itu, selain harus rutin olahraga dan memeriksakan diri ke dokter, anda juga perlu memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Anda juga harus mengenali gejala kanker otak, agar penanganan penyakit ini bisa dilakukan sedini mungkin.

Kanker otak terbagi kedalam 4 jika dilihat dari perkembangan dan penyebaran sel  tumor. Pada kasus kanker otak stadium 1, jika dilihat di bawah mikroskop, sel tumornya masih tampak normal tumbuh dengan lambat. Sama halnya dengan stadium 1, pada kasus kanker otak stadium 2 pertumbuhan sel tumor terbilang lambat, hanya saja sel tumornya mulai tampak tidak normal dan jika diangkat bisa saja tumbuh kembali.

Sementara pada stadium 3, sel tumor tidak nampak seperti sel normal dan perkembangannya pun sangat aktif. Sedangkan stadium 4, sel tumor tumbuh dengan cepat dan berbeda dengan sel normal.

Lalu apa saja gejala kanker otak yang mesti anda ketahui?

Gejala Kanker Otak Stadium Awal Secara Umum

Otak memiliki terdiri dari berbagai bagian dan sehinga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Gejala yang ditimbulkanya pun akan berbeda-beda, tergantung pada bagian mana kanker otak itu tumbuh.

1.Gejala Serebral Umum

Gejala awal kanker otak yang pertama yakni terjadinya perubahan mental ringan pada seseorang atau sering disebut juga psikomotor asthenia. Gejala serebral umum ini antara lain seperti terjadinya kehilangan spontanitas. Perubahan mental ringan ini biasanya dapat dirasakan kerabat dekat si penderita.

Seseorang dengan gejala perubahan mental ringan akan mudah tersinggung, pelupa, labil, emosian, kehilangan inisiatif dan spontanitas. Bahkan bisa terjadi kecemasan berlebih hingga depresi.

2. Nyeri Kepala

Gejala tumor otak yang kedua adalah sakit kepala. Meski demikian, para ahli menyebut, kanker otak dengan gejala sakit kepala hanya 1% saja. Sisanya 99% sakit kepala bukan disebabkan oleh kanker otak tapi disebabkan oleh migraine, stres atau penyebab lainnya seperti sinusitis.

Penelitian di Amerika Serikat, dari 4.000 orang yang mengalami sakit kepala, 1 orang dinyatakan mengalami tumor otak.

Sakit kepala yang terjadi karena kanker otak bervariasi, mulai dari sakit ringan, sedang, bahkan gejala awal kanker otak ada yang sampai menimbulkan nyeri kepala berat dan berdenyut. Umumnya  gejala kepala berat terjadi pada malam hari dan akan terasa semakin berat.

3. Muntah

Muntah merupakan salah satu gejala penyakit kanker otak. 30 persen kasus kanker otak yang terjadi di dunia, ditandai dengan gejala muntah. Umumnya gejala muntah ini kerao disertai dengan nyeri kepala.  Jika anda mengalami gejala sakit kepala disertai dengan muntah anda perlu mewaspadainya, dan segera berkolsultasi dengan dokter.

4. Kejang

Gejala awal kanker otak berikutnya yakni kejang. 25 persen kasus kanker otak stadium awal ditandai dengan gejalan kejang, dan 35 persen terjadi pada kasus kanker otak stadium tingkat lanjut.

Yang harus menjadi perhatian khusus gejala awal tumor otak yakni apabila kasus kejang sudah pada status epilepsi (kejang berulang). Segera periksanaan bila terjadi gejala seperti itu.

Itulah beberapa gejala kanker otak yang perlu anda ketahui sejak sekarang. Apabila anda tidak ingin mengalami kanker otak, mulai sekarang biasakan pola hidup sehat dan konsumi makanan sehat dan bergizi. Semoga bermanfaat, terima kasih. (Jujang/R8/HR Online)