Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita TerbaruGejala Kanker Rahim Stadium Awal

Gejala Kanker Rahim Stadium Awal

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Gejala Kanker Rahim Stadium Awal. Salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh setiap wanita yaitu kanker Rahim.

Alasannya karena penyakit tersebut dapat mempengaruhi kesuburan dan nyawa juga ikut menjadi taruhannya.

Untuk itu, Anda harus berhati-hati dan mengenali beberapa gejala awal dari kanker rahim supaya Anda bisa segera memeriksakannya ke dokter dan mendapatkan penanganan.

Gejala Kanker Rahim

Keputihan Berbau

Keputihan merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap wanita. Namun, keputihan yang normal pada umumnya berwarna jernih, tidak berbau, dan jumlahnya tidak berlebihan.

Apabila keputihan Anda berwarna merah muda atau cokelat, mengandung darah dan berbau, berarti ada permasalahan yang terjadi pada sistem reproduksi Anda atau ini merupakan gejala kanker Rahim.

Nyeri Panggul

Nyeri panggul juga merupakan gejala awal dari kanker rahim. Namun, nyeri panggul disini tidak seperti nyeri panggul pada umumnya. Karena pada saat nyeri panggul disertai dengan rasa sakit yang muncul pada perut bagian bawah pusar.

Nyeri tersebut biasanya bisa muncul terus-menerus atau dan hilang-timbul. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati apabila hal tersebut terjadi.

Pendarahan Abnormal

Gejala kanker rahim yang sering dialami oleh wanita yakni terjadinya pendarahan tidak normal atau berkepanjangan. Seperti, pendarahan setelah menopause, diantara siklus menstruasi, dan pendarahan setelah “berhubungan”.

Apabila hal tersebut terjadi, segeralah pergi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang benar.

Nyeri Saat Buang Air Kecil

Nyeri saat buang air kencing memang jarang terjadi. Tetapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan menjadi salah satu gejala kanker Rahim.

Karena nyeri saat buang air kecil disebabkan karena pertumbuhan sel kanker yang menekan kandung kemih dan saluran kemih.

Sehingga, jika Anda mulai merasakan hal tersebut bergegaslah untuk menemui dokter supaya mendapatkan penanganan.

Nyeri Saat “Berhubungan”

Setiap pasangan suami istri pasti pernah atau sering “berhubungan”. Namun, Anda harus berhati-hati dan memahami pasangan.

Apabila pasangan Anda merasakan sakit saat “berhubungan”, bisa jadi pasangan Anda mengalami gejala awal kanker rahim. Dan biasanya rasa nyeri yang dirasakan diikuti dengan pendarahan.

Rasa Letih Berlebihan

Sel kanker juga memberikan efek buruk bagi kondisi fisik, seperti mudah lesu dan lemas. Hal ini terjadi karena serangan dari sel kanker juga membuat Anda mengalami masalah kelelahan yang cukup berat.

Tak hanya itu, Anda biasanya juga mengalami gangguan libido akibat efek gangguan fungsi saraf pada area genital wanita.

Itulah beberapa gejala kanker rahim stadium awal yang harus Anda perhatikan. Sebagai seorang wanita, Anda harus hati-hati dalam menjaga kebersihan pada area kewanitaan supaya tidak mudah terserang penyakit yang berbahaya seperti kanker rahim. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -