Gejala Syaraf Kejepit dan Cara Penyembuhannya

Gejala Syaraf Kejepit dan Cara Penyembuhannya

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Gejala Syaraf Kejepit dan Cara Penyembuhannya. Ada banyak faktor yang menimbulkan terjadinya syaraf kejepit.

Diantaranya adalah muncul rasa seperti terbakar, kesemutan seperti ditusuk-tusuk jarum, kaki atau tangan serasa mati rasa, otot yang sakit menjadi melemah. Apabila merasakan hal semacam itu, berikut ini merupakan beberapa solusi penyembuhannya.

Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Biasanya gejala syaraf kejepit muncul secara tiba-tiba. Apabila Anda mengalami hal semacam ini, jangan panik dan selalu sediakan obat pereda rasa nyeri.

Obat Pereda nyeri yang mudah diperolah di apotik adalah ibuprofen dan asam mefenamat. Untuk dosis dan cara mengkonsumsinya, sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter ahli syaraf.

Banyak Istirahat

Tidur dan istirahat cukup sangat mempengaruhi kondisi tubuh Anda. Hal ini sangat dibutuhkan sebagai proses penyembuhan syarah yang terjepit.

Batasi kegiatan sehari-hari anda. Usahakan untuk tidak mengangkat beban berat selama masa penyembuhan syaraf kejepit.

Sering Olahraga Ringan

Melakukan pemanasan dan olahraga ringan seperti yoga mampu mempercepat proses penyembuhan syaraf yang kejepit.

Anda bisa mengurangi tekanan pada area yang terasa nyeri. Jangan melakukan olahraga yang berat karena akan memperburuk kondisi. Lakukan olahraga ringan secara rutin.

Ubah Postur Tubuh

Untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan karena syaraf kejepit, perlu dilakukan upaya untuk mengubah postur tubuh saat duduk maupun berdiri.

Menggunakan bantal ataupun sandaran leher yang bisa meringankan tekanan dan memulihkan syaraf. Sesuaikan gaya duduk maupun berdiri yang tidak terlalu menimbulkan rasa sakit.

Apabila Anda adalah pekerja kantoran dengan jam kerja seharian penuh menghadap layar komputer, maka perlu mengubah posisi duduk dan berdiri agar rasa sakit yang ditimbulkan karena syaraf kejepit bisa berkurang.

Buat posisi layar sejajar dengan mata agar tidak menyebabkan syaraf di leher terasa nyeri. Anda juga bisa menegakkan posisi punggung tegak lurus agar syaraf pada tulang belakang tidak kejepit.

Lakukan Terapi Fisik

Untuk terapi fisik, alangkah baiknya dilakukan dengan pengawasan dokter ahli syaraf. Karena dokter mampu menilai kondisi syaraf kejepit anda.

Selama melakukan terapi fisik ini, Anda akan mempelajari cara untuk menguatkan otot-otot di area tubuh yang mengalami gangguan syaraf kejepit. Dengan begitu, rasa nyeri pada syaraf yang kejepit perlahan berkurang dan kemudian menghilang.

Operasi

Cara ini dilakukan apabila Anda tidak merasakan perubahan setelah menjalani beberapa cara pengobatan selama berminggu-minggu. Dalam hal ini, tindakan sepenuhnya dilakukan oleh dokter ahli syaraf.

Dokter akan merekomendasikan operasi untuk menghilangkan tekanan yang mengakibatkan syaraf kejepit. Jenis operasi yang diambil berbeda-beda tergantung letak area yang mengalami gejala syaraf kejepit.

Bagaimana? Anda masih mengalami nyeri akibat gejala syaraf kejepit? Sudahkah melakukan beberapa pengobatan di atas? Selalu konsultasikan setiap perubahan yang anda rasakan kepada dokter ahli syaraf. Semoga lekas sembuh! (Deni/R4/HR-Online)