Gunakan Jas Hujan, Petugas Puskesmas Padaherang Pangandaran Siap Layani Screening Corona 24 Jam

Puseksmas Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, memberlakukan pojok screening corona selama 24 jam.
Puseksmas Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, memberlakukan pojok screening corona selama 24 jam. Foto: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Dimulai sejak hari ini, Kamis (26/03/2020), Puseksmas Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, memberlakukan pojok screening corona selama 24 jam. Khusus untuk siang hari dilakukan di ruang terbuka atau di bawah terik sinar matahari.

Saat ditemui HR Online, Kepala Puskesmas Padaherang, Suryati, menjelaskan, hal itu dilakukan karena virus corona bisa mati oleh suhu panas matahari 27 derajat celcius.

Ia juga mengatakan, saat melaksanakan screening corona terhadap warga, para petugas menggunakan alat yang sangat sederhana, yakni jas hujan dan pelastik yang dibuat persegi empat. Meski sangat sederhana, namun cara tersebut sangat membantu.

“Pojok screening corona ini diperuntukan bagi warga Kecamatan Padaherang yang datang dari berbagai kota besar di tanah air, terutama dari daerah zona merah, dan warga yang baru datang dari luar negeri dipersilahkan untuk datang ke Puskesmas memeriksakan diri,” terang Suryati.

Pojok screening corona ini merupakan salah satu terobosan yang dibuat oleh Puskesmas Padaherang untuk pemeriksaan awal Covid-19.

Sementara itu, pada saat pembukaan pojok screening corona di Puskesmas Padaherang, puluhan warga yang baru datang dari kota besar dan warga yang baru pulang dari Malaysia, semuanya menjalani screening corona.

“Namun, khusus untuk petugas medis yang memeriksa di Puskesmas saat ini memang sangat memprihatinkan karena mereka hanya menggunakan helm dan jas hujan dari plastik kresek, menginggat belum memiliki perlengkapan baju pelindung diri,” ungkap Suryati. (Ntang/R3/HR-Online)

Loading...