Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita CiamisHand Sanitizer vs Sabun Cair, Lebih Efektif Mana Cegah Covid-19? Ini Penjelasan...

Hand Sanitizer vs Sabun Cair, Lebih Efektif Mana Cegah Covid-19? Ini Penjelasan Dinkes Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Hand sanitizer saat ini menjadi barang langka, walaupun ada harganya pun mahal. Hal itu dikarenakan cuci tangan dengan menggunakan barang tersebut sangat efektif untuk mencegah penularan virus corona.

Padahal, cairan pembersih tangan ini bisa diganti dengan sabun cair, yang banyak tersedia di toko atau warung.

“Sebenarnya, memang untuk pencegahan pemaparan Covid-19 supaya tidak masuk ke daerah mukosa seperti mata dan mulut, masyarakat lebih dianjurkan untuk mencuci tangan dengan hand sanitizer serta sabun cair,” terang Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis, Bayu, kepada HR Online, Selasa (24/03/2020).

Namun jika dibandingkan antara cuci tangan menggunakan hand sanitizer dengan sabun cair, menurut Bayu, lebih banyak manfaatnya cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, karena virus akan lebih menghilang oleh airnya itu.

Bayu menuturkan, walaupun cuci tangan pakai sabun PH-nya basah, tapi tetap alami tidak akan merusak serta tidak akan iritatif.

“Yang paling bagus itu ketika cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, akan cenderung membersihkan virus,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan mengenai kegunaan hand sanitizer kenapa tidak efektif, dikarenakan banyak area tangan yang memang tidak tersapu bersih dan juga kalau menggunakan cairan pembersih tangan yang ada alkohol itu, jika terlalu sering ada efek sampingnya yaitu iritasi.

“Masyarakat dianjurkan lebih bijak dalam menggunakan hand sanitizer, itu hanya di tempat-tempat tertentu saja, yaitu saat kondisi ketika di luar tidak ada tempat cuci tangan baru dianjurkan,” tuturnya.

Selain itu, Bayu juga menyarankan kepada masyarakat, ketika sudah berpergian dari manapun harus sering mencuci tangan. Pasalnya, tidak ada akan tahu area yang sudah dipegang bersih atau tidak dari paparan Covid-19.

“Jangan panik dan tetap waspada. Terapkan pola hidup bersih sehat,” pungkasnya. (Fahmi/R5/HR-Online)

- Advertisment -