Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita CiamisHaul Nike Ardilla ke-25 di Ciamis Ditunda Karena Corona

Haul Nike Ardilla ke-25 di Ciamis Ditunda Karena Corona

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Haul Nike Ardilla ke-25 seyogyanya akan digelar pada bulan Maret ini, namun acara tahunan tersebut terpaksa ditunda karena wabah virus Corona.

Sejumlah fans berat penyanyi ‘Seberkas Sinar’ ini biasanya berbondong-bondong menuju Ciamis pada bulan Maret setiap tahunnya. Mereka datang dari berbagai kota untuk memperingati kematian artis idolanya tersebut.

Kondisi berbeda terjadi pada tahun 2020, dimana haul 25 tahun meninggalnya Nike Ardilla harus dibatalkan. Padahal rencananya haul akan digelar pada 23 Maret 2020 di Pemakaman Cidudu, Dusun Lebaklipung, Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis, tempat almarhum Nike Ardilla dimakamkan.

Sementara tahun-tahun sebelumnya, haul Nike Ardilla biasa digelar pada 19 Maret, bertepatan dengan kecelakaan yang menewaskan Nike Ardilla pada tahun 19 Maret 1995.

“Adanya surat edaran dari pemerintah yang tidak memperbolehkan kegiatan pengumpulan massa, maka haul yang rencananya digelar hari Minggu (22/3/2020) nanti, terpaksa batal,” terang Ketua Nike Ardilla Fans Club (NAFC) Ciamis, Gerak Mentasi, Selasa (17/3/2020).

Panitia Haul Nike Ardilla mempertimbangkan peserta Haul yang datang dari berbagai daerah di Indonesia bisa mencapai ribuan. Bukan hanya dari Indonesia, tapi juga dari berbagai negara, seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei.

Pada tahun-tahun sebelumnya, para fans Nike Ardilla itu biasa datang dengan rombongan bus besar, ada juga yang datang dengan kendaraan pribadi. Mereka biasanya datang menjelang acara berlangsung untuk mengikuti do’a bersama di depan makam.

“Fans yang datang itu dari seluruh Indonesia, jumlahnya bukan cuma ratusan, tapi ribuan. Ada fans juga yang datang dari luar negeri, biasanya dari Malaysia dan Singapura. Kondisi sekarang tidak memungkikan untuk melaksanakan haul, jadi terpaksa ditunda,” terang Gerak.

Dia menambahkan dibatalkannya haul Nike Ardilla ke-25 juga sudah disampaikan ke anggota NAFC. Namun, jika ada yang memaksa datang ke makam, Gerak mengaku tak bisa melarang.

“Kami hanya memberi imbauan, terus terang jika ada yang datang kami tak bisa melarang apalagi menyuruh kembali ke daerahnya masing-masing,” ungkapnya.

Gerak memastikan akan ada fans yang datang, namun haul tetap ditunda untuk mencegah Corona seperti arahan pemerintah.

“Berdo’a di daerah masing-masing tanpa datang ke Ciamis juga bisa dilaksanakan, namun kami rencananya jika memang sudah memungkinkan haul dilaksakana, maka akan kegiatan bisa saja dilaksanakan,” terangnya.

Gerak hanya salah satu saja dari fans Nike Ardilla. Meski Nike sudah tiada, namun karya-karyanya tak lepas dari ingatan para fansnya.

Bahkan banyak generasi sesudah Nike yang mengenal lagu Nike Ardilla. Sebut saja Bintang Kehidupan, Seberkas Sinar, sampai Sandiwara Cinta. Diakui fans Nike, lagu-lagunya tak bisa dilupakan meski penyanyinya sudah tiada.

Salah satu fans Nike Ardilla, Ratna (24), mengaku dirinya menyukai lagu-lagu Nike, meskipun dia mengenal lagu-lagu itu setelah Nike meninggal. Ratna mengaku mengenal lagu-lagu Nike Ardilla dari orang tuanya yang kerap memutar musik Nike. Dari sanalah Ratna jatuh cinta pada lagu-lagu Nike Ardilla.

“Lagu favorit itu Bintang Kehidupan sama Mamah oh Mamah. Seneng meski orangnya sudah tidak ada. Bahkan saya setiap tahun tak pernah melewatkan acara haul di makam Nike. Makanya sayang banget acara tahun ini dibatalkan,” jelasnya. (Fahmi2/R7/HR-Online)

- Advertisment -