Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita CiamisHerdiat Minta BP2D Optimalkan Potensi Pariwisata Ciamis

Herdiat Minta BP2D Optimalkan Potensi Pariwisata Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, secara resmi melantik dan mengukuhkan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Kabupaten Ciamis, periode 2020-2024 di Aula Setda, Jumat (14/03/2020).

Herdiat berharap, kehadiran BP2D akan mampu menggali potensi-potensi pariwisata di Ciamis, sehingga nantinya bisa mendongkrak PAD dan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat di bidang pariwisata.

“Di Kabupaten Ciamis hingga kini masih banyak potensi yang belum tergali, terutama potensi pariwisata, makanan atau kuliner, pekebunan dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Untuk itu, Herdiat meminta para pengurus BP2D agar memiliki semangat dan dedikasi yang tinggi dengan berbagai inovasi dan kreasi yang dapat memajukan kepariwisataan di Ciamis.

“Kabupaten Ciamis punya banyak potensi wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, wisata religi dan lainnya. Mari kita sama-sama gali potensi tersebut, agar dapat menarik wisatawan untuk berwisata di Ciamis,” ucapya.

Kendati saat ini Kabupaten Ciamis tidak memiliki pantai, namun potensi wisata alam lainnya masih sangat banyak dan belum tereksplor.  Oleh karena itu, pihaknya mengajak BP2D agar bisa bekerjasama dengan pemerintah daeah untuk lebih mengembangkan potensi pariwisata di Ciamis.

Lebih lanjut Herdiat mengungkapkan, Kabupaten Ciamis kaya akan sumber daya alam dan potensi wisatanya. Potensi ini mesti dikembangkan sehingga bisa melahirkan wisata alam baru bisa menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara ke Ciamis.

“Potensi wisata yang sudah ada harus terus kita promosikan, jika ada potensi wisata yang belum optimal harus terus kita gali sehingga potensi terus bisa layak kita jual,” kata Herdiat.

Herdiat pun mengintruksikan kepada SKPD terkait, agar memprioritaskan infrastuktur jalan ke lokasi wisata, sebagai bentuk pelayanan kepada wisatawan. “Kita harus perbaiki berbagai fasilitas pariwisata terutama jalan, agar wisatawan tidak kapok berwisata di Ciamis,” pungkasnya.

Sementara, Ketua BP2D Kabupaten Ciamis, H. Endang Haris Juandana mengatakan, selama ini memang sektor pariwisata kurang mendapatkan perhatian karena dianggap tidak bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan cepat, sehingga geliat pariwisata di daerah jarang tersentuh sebagai pembangunan yang menjanjikan.

“Maka dari itu, BP2D Ciamis siap membantu dan menjadi mitra yang baik untuk kemajuan pariwisata di Ciamis,” katanya.

Pihaknya mengaku akan melakukan berbagai cara untuk memajukan pariwisata di Ciamis, salah satunya dengan teori triple helix. Unsur dari pemerintah, akademisi dan swasta akan kami libatkan untuk sama-sama membangun pariwisata di Ciamis berdasarkan kapasitas dan kapabilitasnya.

“Sinergitas dengan berbagai elemen merupakan kekuatan besar dalam membangun sektor pariwisata di Ciamis. Dengan berbagai potensi wisata ekonomi kreatif, tidak mustahil Ciamis akan menjadi salahsatu tempat kunjungan wisata baik lokal maupun mancanegara,” tandasnya. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -