HP Android Bergetar Terus, Cara Cerdas Mengatasinya

HP Android Bergetar Terus
Ilustrasi HP Android Bergetar Terus. Foto: Istimewa

HP Android bergetar terus, apa yang menjadi penyebabnya? Secanggih apapun produk buatan manusia, memang tidak luput dari kesalahan dan masalah.

Saat ini sudah banyak smartphone yang dibekali dengan teknologi canggih. Namun, masih saja ada berbagai permasalahan seperti HP restart dan bergetar sendiri.

Penyebabnya ada berbagai macam, solusinya pun berbeda-beda. Akan tetapi, anda jangan terburu-buru untuk membawanya ke service center. Karena kemungkinan dapat diatasi dengan mudah.

Penyebab dan Solusi HP Android Bergetar Terus

Pada awalnya, mungkin anda akan mengira ada pesan atau panggilan masuk karena HP tidak berhenti bergetar. Namun hal tersebut terjadi secara terus menerus.

Kemudian ponsel anda kemungkinan akan restart sendiri. Secara garis besar, permasalahan ponsel Android ini ada tiga penyebab utama.

Diantaranya adalah kebiasaan buruk dari pengguna yang tidak menutup aplikasi dengan benar dan terlalu banyak aplikasi berjalan bersamaan. Terakhir karena aplikasi yang diinstall tersimpan dalam SD card dengan kualitas rendah.

Berikut kami beri ulasan mengenai penyebab dari HP Android bergetar terus beserta dengan solusinya.

Kinerja Smartphone Menurun

Pemakaian smartphone yang asal-asalan akan menyebabkan kinerja menurun. Sebagai contohnya, menutup aplikasi langsung dengan menggunakan tombol Home.

Saat anda menginstall aplikasi, sebaiknya memperhatikan kapasitas RAM. Karena bila menginstall dalam jumlah yang besar akan berakibat menumpuknya file cache.

Untuk itu, jangan menginstall aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan. Jika anda tidak mempertimbangkan hal tersebut, maka kinerja HP akan menurun.

Bahkan HP Android bergetar terus bahkan restart dan mati dengan sendirinya. Untuk mengatasinya, anda perlu melakukan pengisian ulang ponsel hingga full 100%.

Kemudian jangan membuka aplikasi yang terlalu berat dalam waktu bersamaan. Saat ponsel dalam keadaan panas atau sedang di-charge, jangan mengoperasikannya terlebih dahulu.

Aplikasi Terlalu Banyak

Aplikasi yang terlalu banyak dapat menjadi salah satu penyebab ponsel bergetar terus. Install aplikasi yang dibutuhkan saja sehingga tidak memakan banyak RAM.

Pilih aplikasi yang mempunyai ukuran kecil saja. Jika anda masih ingin mempunyai beberapa aplikasi lagi, maka dapat menggunakan aplikasi khusus unistaller.

File aplikasi yang sudah dihapus tidak akan tertinggal dan bisa terhapus 100% secara tuntas sehingga dapat menangani HP Android bergetar terus.

Cek aplikasi apa saja yang sudah terinstall pada Android. Apakah aplikasi tersebut berjalan startup atau tidak. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Android Assistant untuk melakukannya.

Jika sudah maka, aplikasi yang jumlahnya terlalu banyak bisa dikurangi.  Alternatif lainnya adalah memindahkan aplikasi yang sudah terinstall di SD card ke memori internal

Kemudian coba anda cek dengan cara menyalakan perangkat tanpa SD card. Jika perangkat tidak bergetar lagi, maka dapat dipastikan jika penyebabnya terletak pada aplikasi yang startup.

Tidak Menutup Aplikasi dengan Benar

Bila sudah selesai menggunakan aplikasi, kadang kita menutupnya dengan cara asal-asalan. Padahal kebiasaan tersebut sangat tidak baik dan menyebabkan HP Android bergetar terus. Karena aplikasi sebenarnya masih terbuka dalam sistem.

Tidak akan menjadi masalah bila hanya dilakukan pada satu atau dua aplikasi. Namun bila berlebihan, maka akan menyebabkan performa smartphone menurun. Apalagi jika file sampah jarang dibersihkan.

Sebaiknya, anda membuka aplikasi satu per satu sesuai prosedur yang benar. Kemudian file cache juga dihapus secara berkala.

Bila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil, kemungkinan permasalahannya terdapat pada sistem operasinya.

Untuk itu, anda perlu melakukan flash atau OS diinstall secara ulang dalam mengatasi HP Android bergetar terus. Anda dapat menggunakan software dan firmware original dari smartphone Android.

Kemudian bisa mereset ulang atau factory reset. Namun cara ini sangat berisiko, karena bisa jadi berbagai data dalam ponsel bisa hilang.

Cara yang selanjutnya restart dengan cara mencabut baterai dan SIM card. Tunggu beberapa saat, lalu hidupkan kembali.

Sebaiknya mulailah kebisaan kurang baik anda agar tidak memberi pengaruh buruk pada smartphone. Merk ponsel apapun bila bergetar secara terus menerus dapat diselesaikan dengan cara tersebut.

Mulai dari smartphone merk Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Asus dan lain sebagainya. Secara garis besar, penyebab dari HP Android bergetar terus karena pemakaian yang tidak benar. (R10/HR-Online)