HP Realme 6 vs Redmi Note 9 Pro, Unggul Mana?

HP Realme 6 vs Redmi Note 9 Pro. Photo: Istimewa.
HP Realme 6 vs Redmi Note 9 Pro. Photo: Istimewa.

HP Realme 6 vs Redmi Note 9 Pro, smartphone segmen kelas menengah yang sama-sama diluncurkan pada Maret 2020 ini. HP Realme 6 dan Redmi Note 9 Pro juga merupakan pabrikan perusahaan asal Tiongkok.

Selain berada di segmen dan harga yang sama, namun kedua smartphone tersebut memiliki perbedaan dalam urusan spesifikasi yang ditawarkannya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan mengenai spesifikasi dari kedua smartphone terbaru kelas menengah yang bisa dijadikan pilihan, sebelum kamu membelinya.

Review HP Realme 6 vs Redmi Note 9 Pro

Desain

Desain Realme 6 masih menggunakan material plastik, dan smartphone ini memiliki finishing yang menyerupai ekor komet di bodi bagian belakangnya.

Sedangkan, untuk kameranya, Realme 6 masih mengusung desain model vertical di bagian sebelah kiri perangkat.

Berbeda dengan desain yang dimiliki Redmi Note 9 Pro. Body ponsel ini bahannya menggunakan material kaca, dan untuk finishing dicat glossy mengkilap.

Kamera Redmi Note 9 Pro didesain lebih menarik dibanding smartphone lainnya, yang mana kameranya diletakkan di bagian tengah body perangkat.

Layar

HP Realme 6 vs Redmi Note 9 Pro dilihat dari segi layarnya. Realme 6 memiliki layar IPS dengan lebar 6,5 inci dan beresolusi Full HD Plus, serta terdapat punch hole di pojok bagian kiri atas.

Sedangkan, Redmi Note 9 mengusung layar IPS dengan luas 6.67 inci beresolusi Full HD Plus, terdapat punch-hole yang menjadi tempat kamera depan.

Selain itu, layar yang dimiliki perangkat ini juga sudah diproteksi oleh Gorilla Glass 5 dari Corning.

Jika dibandingkan, layar Realme 6 lebih unggul dari Redmi Note 9 Pro. Hal itu karena layar Realme 6  sudah didukung 120Hz touch-sensing dan refresh rate 90Hz.

Dapur Pacu

HP Realme 6 vs Redmi Note 9 Pro dilihat dari dapur pacunya, yang mana kedua perangkat tersebut sama-sama dibekali chipset gaming.

Untuk Realme 6 ditenagai chipset MediaTek Helio G90T fabrikasi 12 nm, sedangkan Redmi Note 9 Pro menggunakan chipset terbaru Snapdragon 720G dari Qualcomm.

Dengan prosesor yang dibawanya itu, kedua smartphone tersebut bisa diandalkan untuk gaming maupun kebutuhan multitasking.

Kamera

HP Realme 6 vs Redmi Note 9 Pro dilihat dari segi fotografi yang sama-sama dibekali quad camera di belakang.

Untuk Realme 6, quad kamera belakangnya masing-masing beresolusi 64 MP, 8 MP, 2 MP, dan 2 MP, serta kamera selfie 16 MP.

Sedangkan, quad kamera belakang milik Redmi Note 9 Pro terdiri dari 48 MP, 8 MP, 5 MP, dan 2 MP, serta kamera depan 16 MP.

Penyimpanan

Untuk penyimpanannya, HP Realme 6 menawarkan tiga varian RAM pilihan, yakni RAM 4GB, 6GB, dan 8GB dengan penyimpanan internal 64GB/128GB.

Sementara, Redmi Note 9 Pro tersedia dua varian RAM, yakni RAM 4GB dan 6GB dengan memori internal 64GB dan 128GB.

Baterai

Dari segi daya baterai, Realme 6 dibekali baterai berkapasitas 4.300 mAh lengkap dengan fitur VOOC flash charge 30 Watt.

Sedangkan, Redmi Note 9 Pro memiliki baterai berkapasitas jumbo, yaitu 5.020 mAh dan sudah didukung pengisian daya cepat 18 Watt.

Harga

HP Realme 6 vs Redmi Note 9 Pro dari segi harga, varian tertinggi dari kedua smartphone kelas menengah ini dibandrol dengan harga yang sama, yakni Rp 3,4 jutaan. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...